Senin, 06 April 2015

Perlu dicukur



Perlu dicukur

Dalam muzakarah arisan rt sempat disampaikan berkaitan dengan mencukur bulu kemaluan, tidak dibahas secara khusus karena memang bukan merupakan bahasan pokok, hanya selintas saja. Tapi justru demikian secara bisik-bisik ada yang bertanya, memang ada perintahnya, baru dengar kalau ada aturan mengenai mencukur bulu kemaluan. Mungkin ia tidak menyangka kalau Islam mengatur sampai hal-hal yang demikian, yang menurutnya diluar apa yang dibayangkan. Saya sempat sampaikan begitulah Islam, sangat sempurna. Apapun ada syariatnya, yang kesemuanya untuk kemaslahatan rahmatan lil ‘alamin.

Dalam kaitan tersebut, oretan ini dibuat dengan harapan sedikit banyak membawa manfaat. Dalam syariat mencukur bulu kemaluan merupakan salah satu fitrah. Dari Bukhori Muslim di sabdakan “

خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ
 الْخِتَانُ ، وَالاِسْتِحْدَادُ ، وَنَتْفُ الإِبْطِ ، وَتَقْلِيمُ الأَظْفَارِ ، وَقَصُّ الشَّارِبِ

“Ada lima hal termasuk fitrah; khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku dan memangkas kumis” (HR. Bukhari dan Muslim)
Ada beberapa manfaat melakukannya secara rutin, diantaranya :
*      Kebersihan Terjaga, pada dasarnya bulu kemaluan yang tidak dicukur membuat keringat dan bakteri menumpuk di tempat itu. Jika lama dibiarkan, bakteri yang menumpuk dapat menimbulkan penyakit atau juga infeksi. Dengan rutin mencukur rambut kemaluan, kebersihan lebih terjaga dan penyakit atau infeksi dapat dihindari.
*      Terhindar dari Bau, bulu kemaluan yang dibiarkan panjang dan tidak terawat membuat area tersebut menjadi lebih lembab dan  bau. panas, keringat dan bakteri bercampur jadi satu. Dengan rutin mencukurnya seperti nasehat Rasulullah, maka aroma area tersebut dapat lebih terjaga.
*       Area kemaluan yang terjaga kebersihannya menjadikan seseorang lebih sehat. Bukan saja terhindar dari bau, dengan mencukur bulu kemaluan secara rutin juga dapat terhindar dari infeksi atau penyakit kulit.
*       Menjadi lebih sensitif, Seperti dikutip dari Health Me Up, kulit di sekitar selangkangan sangat sensitif terhadap sentuhan. Namun, bulu kemaluan yang panjang bisa membatasi kontak langsung dengan kulit sensitif tersebut.

Tidak ada komentar: