Jumat, 03 April 2015

Adab ke tailet



Adab ke tailet

Dalam judul oretan ini ditulis adab toilet, yang maksudnya adalah adab buang air atau istilah lain buang hajat. Subhanallah yang telah mengutus rasul-Nya yang telah memberi teladan dalam berbagai aspek kehidupan, sampai-sampai masalah buang airpun diberikan teladannya. Kesemuanya menunjukkan bahwa Islam itu suci, agama yang bersih,  cinta kebersihan, sampai ada slogan ‘ kebersihan itu sebagian dari pada iman.

Yang pertama, bila buang air, hendaknya seseorang mencari tempat yang letaknya jauh dari aktipitas keseharian kerja atau berkumpul. Tujuannya agar tidak mengganggu yang lain berkenaan dengan bau, atau bunyi yang tidak dihendaki, di sisi lain dimaksudkan agar tercipta ketenangan dan kenyamanan bagi yang sedang buang air. Kurang beradab bila tempat buang air dan tempat aktipitas berdekatan, yang bisa saja saling mengganggu . Dari Al-Mughirah bin Syu’bah berkata bahwasanya, "Nabi saw apabila pergi ke tempat pembuangan air, maka beliau menjauh."[HR. Abu Dawud

Kedua, tidak buang air pada air yang menggenang atau diam,  dari Jabir dari Nabi Muhammad SAW, "Bahwasanya beliau melarang kencing pada air yang tergenang." HR. Ahmad, Muslim, Nasa’ie dan Ibnu Majah.

ketiga, berdo’a Sebelum Masuk toilet atau wc, Anas ra berkata, "Dulu Rasulullah saw jika hendak masuk ke tempat pembuangan air, maka beliau berkata (berdo’a): "Allahumma inniy audzubika minal khubtsi wal khobaaits" Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan dan kotoran.

ke empat, tidak Menghadap Kiblat Atau Membelakanginya, dari Abu Ayub al-Anshori, dari Nabi saw beliau bersabda : "Jika kalian mendatangi tempat pembuangan air (untuk buang air), maka janganlah menghadap kiblat, dan jangan pula membelakanginya saat kencing, maupun berak."HR. Bukhori


kelima, tidak Istinja’  Dengan Tangan Kanan, dari ‘Aisyah dia berkata:
"Adalah tangan kanan Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wa sallam- untuk wudhunya dan makannya; tangan kirinya untuk cebok, dan sesuatu yang kotor."HR. Abu Dawud.

Tangan kanan digunakan untuk sesuatu yang baik seperti makan dan minum dan tangan kiri untuk sesuatu yang bersifat kotor, termasuk membersihkan diri dari buang air.

ke enam, berdoa Ketika Keluar toilet, dari ‘Aisyah ra berkata ‘ "segala puji bagi Alloh yang telah menghilangkan kotoranku dan membuatku sehat.

Tidak ada komentar: