Rabu, 01 April 2015

Bulu ketek bulu ketiak



Bulu ketek bulu ketiak

Dalam diri manusia banyak sekali ditumbuhi bulu, di kepala, di tangan, di kaki dst, diantara bulu yang tumbuh ada yang sunnah dipelihara ada juga yang sunnah di cukur atau dipotong, kesemuanya untuk kebaikan manusia. diantara bulu yang tumbuh tersebut ada yang di ketiak, disebut bulu ketiak, atau sebutan lainnya bulu ketek,
Mengenai bulu yang satu ini, ada aturannya apakah ia harus dicukur atau dipelihara tetap dan terus tumbuh. Bercerita anas bin malik, ia berkata , berkata kepadaku Rasululloh Saw, kami memberi batas waktu dalam mencukur kumis, memotong kuku, membersihkan bulu ketiak, dan mencukur bulu kemaluan agar tidak ditinggalkan lebih dari bats 40 hari. Hr. Muslim.
dari Abu Hurairah,  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ الْخِتَانُ وَالِاسْتِحْدَادُ وَقَصُّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ وَنَتْفُ الْآبَاطِ
“Ada lima macam fitrah, yaitu: khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” HR. Bukhari  dan Muslim
dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,  “Ada sepuluh macam fitrah, yaitu memotong kumis, memelihara jenggot, bersiwak, istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung,-pen), memotong kuku, membasuh persendian, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinja’ (cebok) dengan air.”

Sabda Rasululloh Saw, lainnya "Fitrah ada lima: Khitan, menggunting kumis, menggunting kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan." (Muttafaqun 'alaihi)
Dengan demikian, menghilangkan atau mencukur bulu ketiak termasuk diperintahkan, sunnah hukum menghilangkannya, atau mencukurnya. Caranya dengan meminta tolong keoada yang dipercayainya, tidak harus mahrom, kecuali bagi perempuan, karena seluruh anggota badannya aurat kecuali telapak tangan dan muka. Dalam kesepakatan jumhur ulama, bagi yang dapat menahan rasa sakit ketika dicaut diperbolehkan, bila tidak maka dianjurkan untuk di cukur atau diberi zat atau kapur yang dapat merontokkannya. Imam syafi’i berklata, aku tahu bahwa yang sunnah mencabutinya tapi aku tidak kuat sakit. Dan disunnahkan memulai dengan bulu ketiak bagian kanan.


Dalam hal ini , Ibnu Qudamah menjelaskan,

ونتف الإبط سنة لأنه من الفطرة ويفحش بتركه وإن أزال الشعر بالحلق والنورة جاز ونتفه أفضل لموافقته الخبر قال حرب : قلت لإسحاق نتف الإبط إليك أو بنورة ؟ قال نتفه إن قدر
“Mancabut bulu ketiak adalah sunnah karena bagian dari fitrah. Membiarkannya tidak dicabut adalah perbuatan yang buruk. Jika dihilangkan dengan mencukur atau dengan tawas hukumnya boleh, akan tetapi dicabut lebih afdhal, karena lebih sesuai teks hadis. Imam Harb mengatakan, “Aku bertanya kepada Ishaq: ‘Mana yang lebih anda sukai, mencabut bulu ketiak ataukah menghilangkannya tawas?’ Jawab Ishaq, ‘Mencabutnya, jika dia mampu’

Ada banyak metode yang dapat gunakan untuk menghilangkan rambut ketiak. Berikut adalah yang disampaikan majalah kesehatan sbb:
Ø  Mencukur, Ini adalah cara yang paling mudah dan murah untuk menyingkirkan rambut ketiak Anda. Kerugian utamanya adalah efeknya relatif berjangka pendek. Bahkan, rambut akan mulai tumbuh kembali keesokan harinya sehingga Anda harus sering mencukur ulang beberapa hari sekali. Selain itu, bila Anda tidak melakukan dengan benar, mencukur dapat menyebabkan ketiak berwarna hitam. Untuk menghindarinya, berikut adalah beberapa tips mencukur yang baik:
·         Oleskan krim atau busa pencukur di ketiak sebelum mencukur. Anda juga dapat menggunakan sampo rambut bila tidak punya.
·         Pastikan Anda menggunakan pisau cukur yang tajam. Hal ini penting karena penggunaan pisau tumpul dapat melukai kulit oleh mata pisau yang tidak rata.
·         Selalu mencukur searah dengan pertumbuhan rambut.
·         Jangan terburu-buru agar Anda tidak tanpa sengaja melukai kulit ketiak Anda.
·         Oleskan pelembab kulit setelah selesai bercukur.

Ø  Waxing/sugar , adalah metode yang bagus untuk menghilangkan rambut ketiak. bisa melakukan waxing/sugaring sendiri di rumah atau meminta profesional kulit/kecantikan untuk melakukannya. Keuntungan dari waxing/sugaring memberikan hasil lebih tahan lama daripada mencukur.
Ø  Krim penghilang rambut, Krim untuk menghilangkan rambut. Keuntungan menggunakan krim adalah kemudahan penggunaannya dan dalam beberapa minggu ketiak bebas rambut. Kerugiannya, bila kulit ketiak sensitif maka krim ini dapat menyebabkan iritasi kulit yang tidak nyaman. Bila menggunakan krim ini, selalu ikuti petunjuk pemakaiannya, dan jika ragu-ragu cobalah oleskan sedikit krim pada kulit yang kurang sensitif terlebih dahulu. Setelah menggunakan krim ini, gunakanlah krim pelembab karena beberapa bahan kimia yang digunakan dalam krim penghilang rambut bisa membuat kulit menjadi kasar.

Ø  Elektrolisis, Teknik ini relatif baru dan merupakan satu-satunya metode yang benar-benar dapat menghilangkan bulu ketiak secara permanen. Dalam teknik ini, folikel rambut dialiri arus listrik kecil untuk membunuh sel-selnya. Jika Anda tertarik pada perawatan ini, sebaiknya Anda mengunjungi profesional yang kompeten melakukannya.





Tidak ada komentar: