Jumat, 03 April 2015

Mandi sebelum subuh



Mandi sebelum subuh

Waktu tinggal di ma’had-pesantren, para ustadz mendi sebelum sholat subuh, dan beliau menanyakan santrinya satu persatu, apakah sudah mandi. Bila belum beliau menyarankan agar mandi dulu sebelum sholat subuh, demikian para ustadz terhadap santrinya setiap kali mau sholat subuh berjama’ah. Padahal sholat subuh sendiri merupakan kewajiban yang segan dan malas mengerjakannya, di saa-saat tidur sedang pulas-pulasnya. Kenapa harus mandi dulu, ternyata banyak kebaikannya, diantaranya :
Ø  Waktu shalat subuh disunatkan untuk bertafakur (yaitu sujud sekurang kurangnya satu menit setelah membaca doa). seseorang akan terhindar dari sakit kepala atau migrain. Ini terbukti oleh ilmuwan yang meneliti kenapa dalam sehari perlu kita sujud. Para ilmuwan telah menemukan beberapa milimeter ruang udara dalam saluran darah di kepala yg tidak dipenuhi darah. Dengan bersujud maka darah akan mengalir ke ruang tersebut.
Ø   Mandi pagi sebelum subuh atau paling tidak sejam sebelum matahari naik.
Air dingin yang meresap ke dalam badan bisa mengurangi lemak mengumpul.
Ø  Rasulullah mengamalkan minum segelas air dingin (bukan air es) setiap pagi.
dapat terhindar dari beberapa penyakit,  dilakukan sebelum mandi.
Demikian mengenai mandi sebelum subuh, siapa saja yang dapat melakukannya secara rutin sangat bermanfaat, dan badan terlihat lebih segar beugar-awet muda, pikiranpun menjadi cemerlang.

Tidak ada komentar: