Minggu, 24 Agustus 2008

Usia 50 Tak Halangi Madonna

Usia 50 Tak Halangi Madonna
Konser Dunia Dimulai, Bawa 3.500 Kostum

Usia setengah abad benar-benar tidak menghalangi Madonna untuk beraksi. Memulai rangkaian konser besarnya, Sticky and Sweet, di Millennium Stadium in Cardiff, Wales, Inggris, kemarin (24/8), pelantun Material Girl itu menggebrak panggung dengan style yang menunjukkan bahwa dirinya masih Queen of Pop, meski sudah berusia 50 tahun.

Bintang kelahiran Bay City, Michigan, Amerika Serikat (AS), 16 Agustus 1958, itu tak hanya melantunkan tembang-tembang dari album terbarunya, Hard Candy. Namun, beberapa lagu lawas, seperti Like a Prayer, Into the Groove, dan Hung Up, ikut membahana di gedung pertunjukan yang menjadi lokasi pertama konser yang berlangsung hingga Desember tersebut.

Sang suami, Guy Ritchie, dan tiga anak pemeran Evita Peron dalam film layar lebar Evita itu ikut menikmati konser yang dibagi dalam empat sesi tersebut. Sesi pertama, Madonna mengambil alih panggung dengan mengenakan busana one-piece rancangan rumah mode Prancis, Givenchy. Dalam sesi itu, Madonna digambarkan sebagai gangster cantik era 1920.

Sesi selanjutnya menggambarkan Madonna yang kali pertama menginjakkan kaki di New York pada awal 1980-an. Kemudian, gaya gipsi dimunculkan. Terakhir, Madonna memilih tema rave yang terinspirasi budaya timur jauh.

Sebanyak 40.000 penonton mengelu-elukan namanya setiap kali Madonna selesai bernyanyi. Termasuk ketika penyanyi rap (AS) Kanye West, Britney Spears, dan Justin Timberlake ikut berduet secara tidak langsung lewat layar besar yang dipasang di panggung.

Meski tidak tampil langsung, penampilan bintang tamu dalam konser yang akan berlanjut ke Nice, Prancis, itu mampu membuat penonton terkesima. Misalnya, ketika image West muncul di panggung untuk duet Beat Goes On, Madonna mengejutkan penonton dengan muncul di panggung naik mobil vintage tanpa atap. Saat Spears membawakan lagu Human Nature dari layar yang seolah-olah lift, Madonna memainkan gitar.

Selain itu, Madonna menampilkan rekaman video untuk mengirimkan pesan politik. Beberapa tokoh, seperti Al Gore, Bono, Barack Obama, muncul dalam rekaman tersebut.

Tak banyak dialog yang keluar dari mulut pelantun 4 Minutes tersebut. Hanya, dalam satu kesempatan, pemilik 11 album itu bergurau dengan penonton. "Ini waktunya saya requests lagu," katanya. Setelah mengatakan itu, dia langsung menyanyikan Express Yourself. Namun, sebelum tembang tersebut kelar, Madonna berubah pikiran. "Lagu sialan, bukan itu. Saya pilih lagu lainnya," ujarnya lantang.

Dalam pertunjukan yang berlangsung kurang lebih dua jam tersebut, dia delapan kali berganti kostum panggung. Konser itu didukung 16 penari dan 12 personel band. Untuk kostum, Madonna dan timnya dikabarkan membawa 3.500 item fashion dari 36 desainer. Plus, beraneka ragam perhiasan bertatahkan Swarovsky senilai USD 1,9 juta (setara Rp 17, 7 miliar).

Lepas dari Wales, tur berlanjut ke Nice, selatan Prancis, pada 26 Agustus sebelum mengelilingi Eropa, AS, Kanada, Meksiko, dan Brazil. Konser yang awalnya hanya berlangsung 47 kali itu -saat ini dijadwalkan menjadi 50 kali penampilan- bakal berakhir di Sao Paulo, Brazil, pada 18 Desember.

Tidak ada komentar: