Selasa, 26 Agustus 2008

Lebih Dekat dengan Sosok Rasulullah

Lebih Dekat dengan Sosok Rasulullah

Judul buku: Potret Rasulullah Sebelum dan Sesudah Menjadi Nabi
Penulis: Amru Khalid
Penerbit: Samara Publishing
Cetakan: I, Agustus 2008
Tebal: xiv+350 hlm

Sebagai Muslim, sudahkah kita mengenal betul sosok Rasulullah saw, baik sebelum diangkat menjadi Nabi maupun sesudah menjadi Nabi? Sangat boleh jadi, sebagian besar di antara kita hanya mengenal sayup-sayup sosok Rasulullah saw yang sebenarnya.

Padahal, seorang Muslim tidak akan bisa menjumpai sejarah yang lebih mulia daripada sejarah Nabi saw. Sejarah yang bisa ditiru dan diteladani dalam mengarungi kehidupan, dalam kondisi apa pun.

Buku yang ditulis oleh Amru Khalid ini menyajikan kepada kita potret Rasulullah, baik sebelum Beliau diangkat menjadi nabi maupun sesudah menjadi nabi.
Bagian pertama, Rasulullah saw sebelum menjadi nabi terdiri dari empat bab. Yakni, mencintai Rasulullah saw, dunia sebelum kelahiran Rasulullah, keturunan yang diberkahi, dan persiapan dari Tuhan.

Sedangkan bagian kedua, Rasulullah saw sesudah menjadi Nabi, terdiri dari 23 bab, antara lain peristiwa di Gua Hira, tugas pertama mengingatkan keluarga, pengorbanan Nabi saw dan para sahabat, hijrah ke Ethiopia dan embargo terhadap umat Islam. Juga perjalanan Isra' Mi'raj, peristiwa hijrah, Perjanjian Hudaibiyah dan sejumlah peperangan di zaman Nabi.

Keistimewaan Amru Khalid adalah kecerdasannya dalam mengaitkan setiap peristiwa dalam sejarah Rasulullah saw dengan realitas kekinian. Dia mampu mengambil intisari dari suatu peristiwa yang terjadi pada masa lalu, untuk dipadukan dengan peristiwa serupa yang terjadi di zaman ini.

Dengan demikian, membaca buku ini kita bukan hanya bisa lebih mengenal dan mencintai sosok Rasulullah saw, tapi memetik hikmah dan pelajaran dari setiap peristiwa dalam sejarah Rasulullah saw. Itulah arti penting membaca buku ini

Tidak ada komentar: