Jumat, 22 Agustus 2008

BULAN SABIT DI ATAS EIFFEL

BULAN SABIT DI ATAS EIFFEL
Author : Abd al Malik (Regis Fayette Mikano)
Publisher : Mizania

Régis menjalani masa kecil yang kelam. Dari tanah airnya, Kongo, keluarganya menuju Prancis demi mengejar impian ayahnya. Ternyata sang ayah malah menelantarkan mereka. Tinggallah sang ibu terpaksa seorang diri membesarkan enam anak di kawasan kumuh yang rawan kejahatan.

Meskipun tergolong cerdas, Régis tidak luput dari pengaruh lingkungannya. Dia pernah mencoba segala macam kejahatan: mencopet, menjambret, mencuri, bahkan menjadi pengedar narkotika. Meskipun demikian, hati kecilnya selalu gelisah mencari makna hidup. Sebagian jawaban ditemukannya melalui musik rap yang dapat menyuarakan protesnya terhadap dunia. Namun, kedamaian batin baru dia rasakan setelah mengenal Islam. Régis pun menjadi Abd al Malik.

Menjadi Muslim bukanlah akhir pencariannya. Awalnya dia mantap dengan pilihannya bergabung dengan sebuah kelompok Islam puritan. Seiring waktu dan karirnya yang semakin menanjak, bertambah tajam benturan antara iman dan karya musiknya. Haramkah musik yang dia mainkan? Haruskah dia memilih antara musik dan agamanya? Dia juga merasa paham Islam yang diikutinya terlalu eksklusif dan sempit. Abd al Malik melakukan pengembaraan intelektual, berdialog dengan tokoh-tokoh Muslim seperti Tariq Ramadan, Yusuf Islam (Cat Stevens), hingga ke Maroko dan bergabung dengan tarekat Sufi. Akhirnya Abd al Malik merasa menemukan apa yang dicarinya: Islam

Tidak ada komentar: