Selasa, 26 Agustus 2008

Hikmah Kisah Dalam Alquran

Hikmah Kisah Dalam Alquran

Judul buku: Kisah-kisah Mengagumkan Dalam Alquran
Penulis: M. Rajab dan Ibrahim
Penerbit: Senayan Publishing
Cetakan: I, Agustus 2008
Tebal: xiv+282 hlm


Alquran merupakan pedoman hidup yang paling utama bagi seorang Mukmin. Sebagian isi Alquran adalah kisah mengenai umat-umat terdahulu. Namun demikian, Alquran bukanlah buku sejarah yang hanya merekam beragam peristiwa klasik fenomenal. Kisah-kisah dalam Alquran menyimpan hikmah dan pelajaran yang sangat berguna bagi kaum Muslimin dalam menapaki perjuangan hidup.

Hikmah serta pelajaran tersebut harus kita gali dan temukan agar nilai-nilai pendidikan dan pengajarannya bisa kita terapkan dalam kehidupan. Sebab, itulah tujuan hakiki yang diinginkan Tuhan sebagaimana diterangkan dalam surah Yusuf ayat 111.

Buku ini berupaya memaparkan kisah-kisah Alquran secara runtut dan utuh, sebab seperti telah kita ketahui, dalam menceritakan suatu kisah, terkadang Alquran tidak mengurutkannya dari awal hingga akhir dalam satu surah, akan tetapi terpecah dalam beberapa surah.

Kedua penulis mengurutkan kisah tersebut secara runtut dengan bahasa yang sederhana dan lebih akrab bagi kita. Namun demikian, keduanya tetap konsisten menjaga maksud dan tujuan sejati di balik kisah itu. Dengan kata lain, nilai-nilai pendidikan dan pengajarannya tetap terjaga rapi dan sistematis.

Ada 10 kisah dalam buku ini, antara lain Abrahah, Ashabul Kahfi, tragedi Qabil dan Habil, Ratu Bilqis, sapi Bani Israil, hart Qarun, dan Luqman al-Hakim. Sebelum mengakhiri suatu cerita, untuk kemudian beralih pada cerita yang lain, penulis merangkum hikmah yang bisa kita petik dari kisah tersebut.

Buku ini sangat cocok dibaca, khususnya di bulan Ramadhan yang penuh berkah dan hikmah. Insya Allah, kita akan dapat memetik hikmah dan pelajaran berharga dari kisah-kisah tersebut.mr-republika

Tidak ada komentar: