Selasa, 26 Agustus 2008

Lima Kesalahan Mengasuh Bayi

Lima Kesalahan Mengasuh Bayi
Penulis : Purwanti










Foto : google.com/image
Bagi Anda yang baru saja memiliki anak, tentu bingung mengatasi berbagai hal yang berkaitan dengan dunia bayi. Minimnya pengetahuan, membuat "orang tua baru" ini melakukan banyak kelalaian. Sikap tenang merupakan kunci dalam mengurus si buah hati. Berikut ini beberapa kesalahan dalam merawat si kecil :


1. Terlalu panik

Banyak orang tua yang berlebihan reaksinya ketika menghadapi anak, terutama ketika bayi sedang mual, muntah, dan berbagai macam hal yang biasa terjadi pada bayi. Tanpa Anda sadari, hal ini judtru mengundang kepanikan pada bayi. Orang tua dapat menghabiskan seluruh waktunya pada satu tahun pertama dengan hal-hal yang seharusnys tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Misalnya, gumoh (bayi yang muntah karena terlalu kenyang ketika minum ASI), bayi terlalu banyak atau telalu sedikit menangis. Atau pertanyaan-pertanyaan seperti, apakah bayi sudah makan atau belum?, makannya banyak atau sedikit?. Jangan khawatir berlebihan, selama Anda bisa mengatasi masalah itu sendiri. Nikmati kebersamaan Anda bersama si kecil yang hadir dirumah Anda, dengan memberikan perhatian ekstra tanpa harus panik menghadapi hal-hal tersebut.

2. Menenangkan tangisnya

Sebagai orang tua, tentu Anda memastikan bahwa anak Anda tidak menangis. Hal ini berkaitan dengan pemikiran kita bahwa menangis menandakan kita telah melakukan kesalahan dalam pengasuhan dan kita harus meperbaikinya.

Bayi memang di desain untuk menangis ketika ia merasakan sesuatu yang membuatnya tidak nyaman, karena memang mereka belum bisa mengungkapkan apa yang diinginkan atau yang dirasakannya. Jika Anda bersikap tenang dan mencari tahu penyebab tangisnya, bayi Anda juga bisa tenang.

Tapi jika bayi Anda menangis lebih dari satu jam, bisa jadi ia demam, muntah terus menerus, dan berbagai macam perasaan yang membuatnya tidak nyaman, segera bawa bayi Anda ke dokter anak untuk mendapat perawatan.

3. Jangan bangunkan saat bayi tertidur

Kadang ketika Anda pulang kerja dan belum menyusui anak Anda seharian, Anda membangunkannya di saat ia tengah tertidur untuk menyusui. Anda bisa mengganggu tidurnya yang berkualitas, biarkan ia tertidur hingga bangun.

Atau sebelum si kecil tertidur, pada malam hari Anda berdua tidur berdua dan tidur bersama sambil menyusui.

4. Lalai dalam perawatan oral

Kebanyakan orang tua tidak memikirkan mengenai kesehatan gigi atau oral sampai orang tua terlambat menyadarinya. Tidak ada kata terlambat untuk merawat gigi bayi Anda sejak dini. Untuk merawatnya, Anda bisa menggunakan kain basah yang lembut untuk membersihkan gusinya, dna gunakan sikat gigi khusus untuk membersihkan giginya jika sudah tumbuh.

5. Tak ucapkan terima kasih dan maaf

Sekolah pertama bagi anak adalah dirumahnya, siapa lagi guru yang bisa dijadikan panutan dirumah selain orang tuanya. Jangan sungkan ucapkan terima kasih ketika anak Anda melakukan sesuatu untuk Anda, atau setelah selesai makan. Dan ucapkan maaf ketika Anda melakukan kesalahan, seperti Anda membuatnya menunggu untuk minum susu.

Tidak ada komentar: