Jumat, 22 Agustus 2008

Kandungan dan Khasiat Kacang Hijau

Kandungan dan Khasiat Kacang Hijau
Penulis : Purwanti









Ada banyak mitos mengenai kesuburan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi kacang hijau dapat meningkatkan kesuburan pasangan suami dan istri. Tak salah memang, tapi apakah Anda mengetahui kandungan kacang hijau yang sebenarnya ?

Kacang hijau atau Phaselous Aureus berasal dari famili Leguminosease atau polong-polongan. Kacang hijau memiliki nutrisi penting, seperti sumber mineral (kalsium dan fosfor) yang bermanfaat untuk memperkuat tulang, kandungan asam lemak tak jenuh yang aman dikonsumsi, khususnya bagi mereka yang memang menderita obesitas untuk menurunkan berat badan.

Kacang hijau juga mengandung protein sebanyak 24%, sehingga alternatif terbaik untuk memperoleh protein selain dari ikan adalah dari kacang-kacangan, termasuk kacang hijau.

Bagi orang yang kekurangan vitamin B1, dapat mengonsumsi kacang hijau. Vitamin B1 merupakan bagian dari koenzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi eneergi. Tanpa vitamin B1, tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecah karbohidrat. Selain itu, orang yang kekurangan vitamin B1 akan muncul gejala gangguan mood, sulit berkonsentrasi, dan mudah lelah.

Vitamin B2 yang terkandung pada kacang hijau dapat membantu penyerapan protein di dalam tubuh. Antioksidan yang ada di kacang hijau sangat baik untuk mencegah penuaan dini dan mencegah penyebaran sel kanker, dan tentu saja kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan.

Anda dapat banyak menjumpai produk berbahan dasar kacang hijau, mulai dari bubur, es, jus, puding, hingga makanan tradisional seperti bakpia. Sehingga Anda tidak bosan mengonsumsi kacang hijau, variasikan jenis olahan kacang hijau.mr-mediaindonesia.

Tidak ada komentar: