Jumat, 10 Oktober 2008

Ingin Bahagia?

Ingin Bahagia?
Penulis : Purwanti









Ada 13 cara, menurut situs webMD.com yang dapat mendorong Anda untuk hidup bahagia dan sehat. 13 kebiasaan yang bisa membuat hidup Anda bersemangat dan bertenaga.

1. Selalu sarapan pagi

Sarapan merupakan hal yang penting untuk mendapatkan kesehatan yang baik. Penelitian menunjukkan orang-orang yang makan pagi cenderung mendapatkan lebih banyak vitamin dan mineral, dan sedikit lemak dan kolesterol. Hasilnya adalah tubuh yang ramping, rendah kolesterol, dan menurunnya kesempatan untuk makan berlebihan.

2. Makan ikan dan asam lemak omega-3

Selain merupakan sumber protein dan mengandung lemak jenuh, ikan juga mengandung asam lemak omega-3, yang telah terbukti menurunkan resiko serangan jantung.

3. Cukup tidur

The Nasional Sleep Foundation (NSF) melaporkan, orang yang kurang tidur akan lebih mudah terkena masalah kejiwaan dibandingkan yang cukup tidur. Ditambah lagi, kurang tidur dapat memberikan pengaruh yang negatif bagi daya ingat, pengetahuan, dan daya nalar.

4. Bangun hubungan sosial

Aktivitas sosial dapat memberikan banyak keuntungan, antara lain memberikan informasi, memberikan bantuan jika diperlukan, dukungan emosional, menawarkan rasa memiliki.

5. Olahraga

Ada banyak alasan mengapa olahraga itu penting, yang pastinya untuk alasan kesehatan dan mencegah diri dari berbagai macam penyakit.

6. Jaga kebersihan mulut dan gigi

Membersihkan gigi Anda juga merupakan kegiatan sehari-hari yang penting, sama seperti berolahraga dan berhenti merokok, yang dapat memperpanjang masa hidup. Para peneliti menduga
plak gigi dapat masuk ke dalam aliran darah yang terdapat dalam gigi.

7. Lakukan hobi

Melakukan kegiatan yang santai dan menyenangkan dapat membuat hidup Anda lebih sehat dan lebih cepat dalam masa penyembuhan dari sakit. Hobi juga membuat Anda orientasi hidup Anda
lebih aktif.

8. Lindungi kulit

Cara terbaik untuk melindunginya dan membuatnya terlihat lebih muda adalah dengan menjaganya dari sengatan sinar matahari. Sinar ultraviolet matahari sangat berbahaya dan dapat menyebabkan keriput, kering, dan noda hitam. Jika terkena sinar ultraviolet secara berlebihan, maka akan menyebabkan kulit terbakar, perubahan tekstur kulit, membesarnya pembuluh darah, dan kanker kulit.

9. Cari kudapan sehat

Mengonsumsi lima atau lebih sajian buah dan sayur-sayuran per hari merupakan bagian dari diet yang sehat. Makanan-makanan nabati ini juga dapat memberikan banyak hal untuk meningkatkan kesehatan Anda.

10. Minum air putih dan susu

Air dan susu merupakan cairan penting untuk kesehatan. Jika tubuh kita kekurangan air, maka tubuh kita akan berada pada keadaan yang gawat. Sementara kalsium yang terkandung dalam susu, dapat membuat tulang dan gigi kuat. Selain itu dapat juga mencegah tekanan darah tinggi, batu ginjal, sakit jantung, dan kanker usus besar.

11. Minum teh

Sudah ada bukti yang menunjukkan teh dapat meningkatkan daya ingat, dan mencegah cavity (gigi keropos), kanker, dan sakit jantung. Namun sedapat mungkin, konsumsilah teh yang tidak mengandung kafein.

12. Jalan setiap hari

Hampir sama dengan kebiasaan berolahraga, jalan juga menjadi kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Tidak berarti Anda harus meluangkan waktu khusus untuk berjalan. Setiap Anda berjalan 20 langkah, 1 kalori akan terbakar. Sebuah penelitian di American Council menunjukkan dengan berjalan 30 menit setiap hari dapat mengurangi resiko kematian dini, dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

13. Buatlah rencana

Atur jadwal Anda, buat daftar makanan-makanan sehat yang akan Anda makan, daftar belanjaan, dan sebagainya. Dengan begitu hidup Anda bisa lebih teratur dan sehat.

Tidak ada komentar: