Kamis, 23 Oktober 2008

Nyeri Perut, Tak Selalu Maag

Nyeri Perut, Tak Selalu Maag
Penulis : Purwanti










Apakah Anda merasa nyeri ulu hati, mual, kembung, sering bersendawa, atau terlalu cepat kenyang?, Pasti Anda mengira apa yang Anda rasakan tadi merupakan gejala maag. Namun tidak selamanya gejala-gejala tersebut merupakan indikasi Anda terkena maag.

Menurut dr Asep Saepul Rohmat, SpPD dari bagian Ilmu penyakit dalam Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta, gejala-gejala tersebut tidak selalu di indikasikan sebagai gejala penyakit maag. "Kadang orang salah memahami, sebah, mual, kembung atau nyeri pada ulu hati dikatakan sebagai penyakit maag," ujar Asep pada acara seminar bertajuk "Menjaga Sistem Pencernaan Untuk Hidup Lebih Sehat", Kamis (23/10), di Jakarta.

Bisa jadi, lanjut Asep, keluhan itu terjadi karena adanya gangguan saluran pencernaan pada saluran cerna. "Gangguan saluran cerna bisa terjadi karena enzim pencernaan yang dihasilkan tubuh kita tidak mencukupi," tambah Asep. Enzim pencernaan tersebut adalah Amilase, Lipase, dan Protease. Enzim pencernaan tersebut memiliki tugas masing-masing di dalam lambung.

Penyebab gangguan saluran cerna tidak selalu disebabkan penyakit maag, misalnya pada gangguan saluran cerna bawah penyebabnya bisa bermacam-macam. "Misalnya infeksi usus besar, dan usus halus, radang usus non infeksi, sindrom usus sensitif, sumbatan usus, bahkan tumor usus," tambah Asep.

Lebih lanjut, Asep memberikan gambaran penyakit bisa saja timbul menurut letak sakitnya.

  • Perut kanan atas : Radang kandung empedu, hepatitis, radang pankreas, radang paru
  • Perut kiri atas : Nyeri limpa karena limpoma, infeksi virus. Abses subfrenikus, tukak lambung
  • Sekitarpusar : Radang pankreas, kanker pankreas, sumbatan usus halus, aneurisma aorta, gejala awal usus buntu
  • Perut tengah kiri atau kanan : Batu ginjal, infeksi ginjal, abses sekitar ginjal, radang usus besar, kanker usus besar
  • Perut bawah : Penyakit di daerah usus besar, usus buntu divertikulosis sisi kiri, infeksi ginetalia interna, radang kandung kemih, kista ovarium dan kehamilan di luar kandungan (pada wanita).

Jadi, jika kenali dulu dimana rasa sakitnya agar Anda dapat memperoleh pengobatan yang tepat. Yang lebih aman, Periksakan diri ke dokter jika Anda merasa tidak nyaman dengan tubuh Anda.

Tidak ada komentar: