Senin, 20 Oktober 2008

SEMBURAN MERAPI

SEMBURAN MERAPI

Pesona Yogyakarta sangat berbeda sekali dengan pesona nusantara lainnya yang mungkin dapat kita jumpai. Gunung Merapi misalnya, gunung berapi dengan ketinggian sekitar 3000 m dan merupakan satu-satunya yang paling aktif di seluruh dunia ini, hanya terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selain itu panorama Gunung Merapi dapat pula dinikmati dari kawasan kota-kota lain, seperti Sleman, Magelang, Klaten bahkan Boyolali.

Bagi masyarakat Jawa pada umumnya dan masyarakat DIY sendiri pada khususnya memiliki kebudayaan religi yang cukup kuat mengenai Gunung Merapi. Keberadaan gunung ini selalu berhubungan dengan berdirinya bangunan Kraton. Konon, dari pihak Kraton ataupun masyarakat setempat meyakini bahwa meraka harus sering malakukan penembahan (budaya religi) selama setahun sekali tepatnya pada bulan Rejeb, agar "Penguasa Gunung" tidak marah, dengan kata lain meletus. Sama halnya dengan "sedekah laut" sebagai panembahan kepada Ratu laut Selatan, yang dilakukan sebagai penghalang adanya bencana alam dari lau, yaitu tsunami.

Gunung Merapi tidak hanya terlihat dengan nilai religinya saja, namun lokasi Gunung Merapi menyediakan berbagai objek wisata. Beberapa area yang menjadi objek wisata kawasan Wisata Gunung Merapi yaitu, Wisata Kaliurang, Kaliadem, Kalikuning, Pendakian Alam Gunung Merapi dan lain sebagainya. Tak hanya itu, kawasan wisata telah dikelola sebaik mungkin oleh pemerintah setempat dengan memberikan fasilitas penginapan, cafe, rumah makan dan "Gardu Pandang" (tempat untuk memandang Gunung Merapi dengan dekat) di sekitar lokasi obyek wisata.

Diantara objek wisata yang ada di kawasan Gunung Merapi, hanya Kaliurang yang paling banyak diminati oleh para remaja. Selain memang lokasinya mudah dijangkau dan dekat dengan Kota Yogyakarta, kaliurang memiliki banyak fasilitas. Bagi setiap pengunjung dapat menikmati kesejukan dan keindahan alamnya di atas "Gardu Pandang", cafe yang menyediakan teh poci untuk sekedar kumpul, Goa Jepang dan sering diadakan event-event pagelaran seni para remaja.

Kejadian yang selalu terkenang tentang Yogyakarta dengan Merapinya adalah pada tahun 2006, yaitu hampir setiap orang di sana mengalami kepanikan yang cukup dahsyat. Meskipun demikian, banyak pula para pengunjung wisata ingin langsung menyaksikan sebulan api dan keluarnya lahar merah dari Gunung Merapi disertai keluarnya wedus gombel(asap dari sebulan api). Begitu menakjubkan panorama yang seperti itu jika disaksikan di atas "Gardu Pandang" ataupun dari wilayah barat Yogyakarta, yaitu Magelang.

Tidak ada komentar: