Minggu, 26 Oktober 2008

Waspada Pelecehan Guru pada Siswa

Waspada Pelecehan Guru pada Siswa

By Republika Contributor
Waspada Pelecehan Guru pada Siswa

Kekerasan: Orangtua sebaiknya waspada dengan prilaku kekerasan dan pelecehan yang dilakukan guru di sekolah. Pantau dari keterangan yang diberikan anak.

JAKARTA-- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat, kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh pendidik atau guru justru yang tertinggi.

"Yang paling parah justru guru yang melakukan kekerasan, dan itu pelecehan seksual," kata Ketua Umum KPAI Masnah Sari usai bertemu Wapres Jusuf Kalla di Jakarta, Jumat (24/10).

Menurut Masnah, dari data-data yang didapat KPAI pelecehan seksual terhadap anak-anak perempuan lebih besar dibanding terhadap anak laki-laki."Artinya anak perempuan lebih rentan terhadap pelecehan seks," kata Masnah.

Data yang diperoleh pada tahun 2007, tercatat 555 kekerasan terhadap anak dan pelakunya sebanyak 18 persen dilakukan oleh orang-orang terdekat.

"Dan yang mengagetkan, sebanyak 11,8% kekerasan justru dilakukan oleh guru terhadap anak-anak muridnya," katanya.

Sementara itu, penelitia KPAI selama enam bulan pada tahun 2008 sudah tercatat 86 kekerasan terhadap anak.

"Yang mengherankan, justru 39% kekerasan dilakukan orang terdekat, khususnya guru," kata Masnah.

Karena itu KPAI merencanakan bertemu Menteri Pendidikan Nasional untuk membicarakan masalah itu. Selain itu, KPAI juga menyoroti peningkatan eksploitasi anak-anak, baik dalam industri seks, dunia hiburan, televisi maupun politik

Tidak ada komentar: