Minggu, 26 Oktober 2008

Berinfak di Saat Lapang Maupun Sempit

Berinfak di Saat Lapang Maupun Sempit

'Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang, Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.''

Dengan mengutip QS Ali Imran: 133-134 itu, Pimpinan Muhammadiyah Daerah Kota Depok, Jawa Barat, {H. Farkhan AR} mengajak seluruh jamaah acara Halal Bihalal dan Peluncuran Wakaf Tunai Perguruan Muhammadiyah Sawangan, Depok, senantiasa berupaya meningkatkan sedekahnya. ''Tujuan kita berpuasa adalah agar kita menjadi orang yang bertakwa (QS Al-Baqarah: 183). Dan salah satu ciri orang yang bertakwa adalah senantiasa menafkahkan rezekinya, baik di waktu lapang maupun sempit,'' tegas Fakhan pada acara yang digelar di halaman sekolah SD Muhammadiyah Sawangan Utara, Sabtu (18/10).

Karena itulah, tambah Fakhan, Pimpinan Muhammadiyah Daerah Depok sangat mendukung langkah Pimpinan Muhammadiyah Ranting Sawangan Utara meluncurkan program wakaf tunai yang dananya akan digunakan untuk melakukan perluasan Perguruan Muhammadiyah Sawangan.

Tokoh masyarakat Sawangan, {H. Matridi} mengungkapkan peluncuran program wakaf tunai itu dilakukan untuk menggalang dana guna pembebasan lahan yang berlokasi persis di samping Perguruan Muhammadiyah Sawangan. ''Luas tanahnya antara 500-1.000 meter persegi dengan harga Rp 400 ribu per meter persegi. Jadi, total dana yang dibutuhkan untuk membeli tanah tersebut antara Rp 200 juta sampai Rp 400 juta. Dalam hal ini, alumni Peruruan Muhammadiyah Sawangan menyumbang Rp 100 juta,'' tuturnya.

Wakaf tunai itu terdiri dari pecahan Rp 25 ribu, Rp 50 ribu, Rp 100 ribu, Rp 200 ribu, dan Rp 400 ribu. Pada peluncuran tersebut, sejumlah pihak, baik pengusaha, pengurus Muhammadiyah, pengurus Aisyiah, maupun orangtua murid ikut membeli wakaf tunai tersebut.

Salah satunya adalah {H. Yan Arial Karaeni}, pengusaha nasional, pemilik Perumahan Telaga Jambu Sawangan. ''Kami mengambil wakaf tunai 10 meter persegi,'' kata H. Yan Arial Karaeni seraya menyerahkan cek tunai yang langsung diterima oleh H. Matridi.

Ketua Aisyiah (lembaga wanita Muhammadiyah yang di tingkat pusat dipimpin oleh Menteri Kesehatan Siti Fadhilah) Ranting Sawangan Utara, {Fatimah} mengemukakan para wanita anggota Aisyiah Sawangan Utara siap mengerahkan anggotanya untuk menyukseskan program wakaf tunai tersebut. ''Pendidikan merupakan salah satu pilar penting untuk memajukan bangsa. Karena itu, kami mendukung sepenuhnya program wakaf tunai ini, guna melebarkan sayap dan memperkokoh Perguruan Muhammadiyah Sawangan di bidang pendidikan,'' papar Fatimah.

Pimpinan Muhammadiyah Ranting Sawangan Utara {Khoiruddin} menenaskan, Perguruan Muhammadiyah Sawangan merupakan salah satu pusat sekolah tertua di Kota Depok. ''Perguruan ini sudah berumur setengah abad lebih, karena itu sudah waktunya dikembangkan untuk merespons perkembangan masyarakat Sawangan dan sekitarnya yang semakin dinamis,'' kata Khoiruddin.
Acara halal bihalal dan peluncuran wakaf tunai tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional maupun daerah. Selain nama-nama yang disebutkan di atas, tokoh-tokoh lainnya yang hadir antara lain Camat Sawangan {Usman Haliyana); Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sawangan {H. Tazmaluddin Eldad}; Lurah Sawangan {Agus Suganda}, Ketua Alumni Perguruan Muhammadiyah Sawangan {Yahya Zana}; {Amidin} yang mewakili Kapolsek Sawangan; kepala dan sekolah dan guru-guru SD Muhammadiyah Sawangan, SMP Muhammadiyah Sawangan dan SMA Muhammadiyah Sawangan; para pengurus Aisyiah Sawangan Utara, para orang tua murid, serta sejumlah tokoh Muhammadiyah Sawangan, seperti {H. Mustofa, Mutiri, Zarkasih, Yaman, Juanda, Burhanuddin, Thoriq Jamaluddin

Tidak ada komentar: