Minggu, 26 Oktober 2008

Sekolah Cegah Pikun

Sekolah Cegah Pikun









Pendidikan dan pekerjaan dengan tekanan dapat melindungi seseorang dari kepikunan yang menjadi gejala awal penyakit alzheimer. Peneliti dari San Raffaele University, Milan, Italia, Dr Valentina Garibotto dan timnya meneliti 242 penderita alzheimer, 72 penderita gangguan kognitif ringan, dan 144 orang yang tidak punya masalah ingatan.

Kemampuan daya ingat dan kognitif subjek penelitian diuji. Di saat yang sama, kepala mereka diperiksa untuk mengetahui perubahan dan kerusakan pada otak. Peneliti mengikuti perkembangan subjek penelitian selama 14 bulan. Dalam kurun waktu tersebut, 21 orang yang memiliki gangguan kognitif ringan diketahui terserang alzheimer.

Di kalangan yang punya gangguan daya ingat yang sama, mereka yang berpendidikan lebih tinggi dan pekerjaan yang lebih menantang secara signifikan mengalami lebih sedikit perubahan dan kerusakan pada otak.

''Ada dua penjelasannya. Otak bisa jadi lebih kuat karena pendidikan dan tantangan kerja. Atau faktor genetis yang memungkinkan orang meraih pendidikan dan prestasi kerja lebih tinggi, yang menentukan tingkat keawetan otak,mr-medeiaindonesia.

Tidak ada komentar: