Senin, 20 Oktober 2008

Tips Menghadapi Flu

Tips Menghadapi Flu










Jika Anda terkena flu, berikut adalah tips-tips berguna seputar flu yang diberikan


1. Makan lima atau lebih buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari merupakan usaha yang bagus, karena dapat menguatkan tubuh
melawan serangan flu dan pilek.

2. Selalu bawa tisu atau saputangan untuk batuk dan bersin-bersin.

3. Batuk atau bersinlah di siku atau lengan Anda, jangan di tangan Anda, dan ajarkan juga anak Anda untuk melakukan hal yang sama. Jika Anda batuk atau bersin di tangan Anda, virus akan menempel di tangan dan apapun yang Anda sentuh dengan tangan.

4. Bersihkan mainan anak sesering mungkin untuk mengurangi jumlah bakteri dan virus yang mungkin menempel, khususnya mainan yang bisa dimasukkan ke mulut.

5. Jika Anda sakit karena pilek dan flu, tinggalah di rumah dan usahakan menjauh dari orang-orang jika mungkin. Anda akan mencegah penyebaran penyakit Anda ke orang lain dan juga melindungi diri Anda sendiri dari efek samping yang lebih serius.

6. Di tempat kerja hindari berbagi barang-barang seperti telepon, dan keyboard komputer. Jika Anda harus berbagi, cucilah tangan Anda sesering mungkin dan hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda.

7. Berikan sirkulasi udara secara periodik untuk membersihkan bakteri-bakteri di udara. Bukalah jendela di rumah Anda di ruangan yang tidak terpakai untuk membiarkan udara segar masuk.

8. Cucilah tangan Anda dengan sabun secara teratur sepanjang hari. Selalu ingat untuk memutar keran dengan kertas tisu. Ajari anak-anak Anda untuk melakukan kebiasaan sehat yang sama.

9. Bawalah cairan pencuci tangan ketika Anda bekerja atau bepergian. Agar tangan Anda tetap steril.

10. Hindari menggigit-gigit kuku! Virus flu dapat masuk ke dalam tubuh lewat hidung, mata, dan mulut.

11. Buatlah diri Anda bahagia. Penelitian terkini menunjukkan bahwa stres dapat melemahkan ketahanan tubuh terhadap penyakit pada beberapa orang.

12. Banyak-banyaklah minum air ketika Anda sehat ataupun ketika Anda sakit. Tubuh Anda bisa dengan mudah terkena dehidrasi jika Anda demam. Cairan ekstra akan membuat lendir lebih cair, sehingga dapat membantu mencegah komplikasi bakterial seperti infeksi telinga dan bronkitis.

13. Lebih baik gunakan kertas tisu untuk mengeringkan tangan setelah dari kamar mandi. Serbet atau handuk tangan yang digunakan semua orang di keluarga dapat menjadi jalan yang mudah bagi penyebaran kuman, khususnya jika seseorang telah terkena pilek atau flu.

14. Hindari berbagi barang-barang pribadi seperti selimut, bantal, atau pakaian dengan seseorang yang terkena pilek atau flu. Kuman dapat tinggal dalam waktu yang singkat pada barang-barang tersebut.

15. Obat-obatan anti-virus dapat mencegah flu, anti-virus tersebut harus diberikan 48 jam ketika penyakit terjadi atau ketika gejala-gejala dimulai dan harus dengan resep dokter. Anti-virus bisa memberikan keuntungan bagi mereka yang memiliki resiko tinggi komplikasi akibat flu.

16. Dapatkan udara segar setiap hari. Paru-paru Anda butuh udara segar setiap hari.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Promosikan artikel anda di www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
http://obat2-an.infogue.com/tips_menghadapi_flu