Jumat, 10 Oktober 2008

Tipe Orangtua Apakah Anda?

Tipe Orangtua Apakah Anda?

By Republika Contributor
Tipe Orangtua Apakah Anda?

Bagaimana sikap Anda dalam mendidik anak? Apakah otoritarif, permisif atau diantara keduanya? Menurut Penulis Kid's Are Worth It, Barbara Coloroso, ada tiga macam keluarga yang merefleksikan tipe pengasuhan dari orangtua.

Pertama disebut sebagai keluarga ubur-ubur yang fleksibel terhadap semua hal. Kemudian, ada juga jenis keluarga batu bata, yang memiliki aturan untuk segala sesuatu. Lalu yang ketiga adalah tipe keluarga tulang punggung . Tipe itu tergolong ideal karena menggabungkan fleksibilitas untuk menerapkan aturan.

“Bagi keluarga tipe tulang punggung, orangtua mengatakan tidak apa-apa anak melakukan kesalahan. Hal itu dapatdigunakan sebagai pembelajaran. Keluarga tersebut juga mengenalkan anak sejak dini untuk bertanggungjawab terhadap pilihan yang dibuatnya.

Ketika anak membuat keputusan yang kurang bijak, maka orangtua akan mendukung untuk meluruskannya. Orangtua akan mempercayai anak untuk mengatasi masalahnya tersebut. Pada akhirnya, anak mengerti bagaimana berpikir memecahkan sesuatu. Didalam dirinya, anak akan mengembangkan pemikiran mengenai moral, hal yang benar dan salah.

Jika Anda termasuk orangtua yang tidak puas dengan gaya pengasuhan yang sudah diterapkan, tidak ada salahnya untuk berubah. Coloroso mengatakan, ketika tiba saatnya mengembangkan kemampuan mendidik, terbuka kemungkinan Anda akan mendapatkan pengetahuan baru yang berguna.

“Selama Anda masih hidup, tidak ada kata terlambat untuk mengubah gaya pengasuhan Anda,” ujarnya.

Untungnya saat ini banyak ditemukan buku atau pelatihan untuk orangtua yang mengajarkan mengenai cara pengasuhan. Hal itu bisa menjadi jalan untuk memahami pendekatan baru membesarkan anak.

Coloroso memaparkan, salah satu keuntungan dari mengambil kesempatan baru melalui membaca atau mengikuti pelatihan parenting, atau berbagai pengalaman dengan tetangga adalah Anda berkesempatan untuk mengetahui cara yang buruk yang membuat Anda tidak nyaman dan bagaimana mengubahnya.

"Sehingga Anda tidak sekedar merasa bersalah, tapi berusaha untuk memperbaiki pada kesempatan selanjutnya,

Tidak ada komentar: