Jumat, 10 Oktober 2008

Mengajak Si Kecil Mudik

Mengajak Si Kecil Mudik

By Republika Contributor
Mengajak Si Kecil Mudik

Merayakan hari kemenangan di hari Idul Fitri memang terasa lebih nikmat dilakukan ditengah-tengah keluarga.
Hal itu yang melatari banyak orang mudik ke kampung halaman.

Untuk keluarga muda yang memiliki anak-anak yang masih kecil, melakukan perjalanan mudik dapat menyulitkan tanpa persiapan memadai. Perjalanan jarak jauh disertai keadaan yang tidak nyaman, kerapkali memicu kerewelan sang buah hati.

Agar perjalanan mudik menyenangkan, orangtua harus membawa perlengkapan yang dapat membuat mereka terhibur. Sehingga, anak-anak dapat terhindar dari kejenuhan ketika berada didalam perjalanan.

Sesuaikan mainan yang dibawa dengan kesukaan masing-masing anak. Jika anak suka dengan boneka maka bawakan ia boneka kesayangannya. Kemudian, jika anak laki-laki suka dengan mainan robot, maka persiapkanlah mainan robot yang ringkas yang tetap disukainya.

Selain itu, anak-anak juga perlu dibekali dengan peralatan yang disesuaikan dengan tempat tujuan. Jika daerah yang dituju memiliki cuaca yang panas maka persiapkan topi dan kacamata untuk anak.

Persiapan yang tidak kalah penting adalah bekal makanan dan minuman. Anak-anak biasanya memiliki makanan atau minuman kesukaan yang belum tentu bisa didapatkan selama dalam perjalanan.

Persiapan obat-obatan standar dan peralatan mandi untuk anak juga tidak boleh terlupakan. Terutama untuk menjaga kemungkinan anak-anak terkena penyakit ringan seperti mual dalam perjalanan.
t
Untuk anak-anak yang diatas usia balita, seharusnya sudah bisa diberikan pelajaran bertanggungjawab terhadap diri sendiri dengan menyusun isi tasnya. Orangtua dapat mendampingi untuk memberitahu kebutuhan sang anak. Tas ransel untuk anak-anak bisa diisi dengan keperluan langsung mereka seperti topi atau mainannya, agar anak belajar bertanggungjawab.

Untuk anak-anak yang lebih kecil maka orangtua harus bertanggungjawab untuk semua peralatan dalam perjalanan ermasuk untuk membacakan buku kesukaannya atau mendampingi anak bermain. (ri)

Tips Persiapan Mudik Nyaman:

Mengajak anak bepergian jauh perlu persiapan tersendiri agar tidak merepotkan sepanjang perjalanan. Jika Anda tidak pandai menyiasati, salah-salah malah Anda yang dibuat stress oleh ulah anak Anda.

Berikut ini hal-hal yang harus Anda persiapkan dan perhatikan :

  • Jika Anda menggunakan mobil pribadi, aturlah kabin sedemikian rupa sebelum berangkat agar terasa nyaman. Bawalah bantal-bantal untuk rebahan saat lelah, terutama untuk si kecil beristirahat.
  • Kenakan pakaian santai dan pilih dari bahan yang menyerap keringat sehingga terasa nyaman dipakai. Pemakaian kaos lebih disarankan dibanding bila harus mengenakan kemeja.
  • Bagi anak-anak, bila bepergian di malam hari, pakaikan saja pakaian tidurnya hingga mereka terasa lebih santai. Bila siang hari disarankan anak-anak menggunakan pakaian kaos dan berukuran longgar.
  • Periksalah bekal yang perlu dibawa seperti makanan ringan, minuman, mainan, buku bacaan, obat-obatan, baju ganti seperlunya. Tentunya disamping barang-barang bawaan lainnya.
  • Bawa makanan siap saji yang mudah dihidangkan beserta buah-buahan dan minuman yang bergizi atau camilan untuk selingan pengganjal perut.
  • Bawa perlengkapan makan seperti serbet, sendok, garpu, pisau taruh pada tempat yang aman dan bersih misal pada meja lipat yang mudah dipindahkan. Sediakan pula kertas makan atau tissue. Ajarkan anak untuk tetap menjaga kebersihan didalam perjalanan.
  • Agar mobil tetap rapi dan bersih ketika ibu menyiapkan makanan, gunakan peralatan dapur yang sangat praktis dan mudah terpasang. Pasang tempat tatakan makan yang berukuran ringkas dibanding aslinya namun tidak mengurangi fungsinya pada dasbor cukup dengan di lem atau double selotip.

Tidak ada komentar: