Jumat, 10 Oktober 2008

Tanah Lot Dibanjiri Wisatawan

Tanah Lot Bakal Dibanjiri Wisatawan
Kunjungan wisatawan ke objek wisata Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali pada lebaran tahun ini dipastikan akan meningkat.

Manajer Operasional Badan Pengelola Obyek Wisata Tanah Lot, Made Sujana di Tabanan, Bali, Selasa mengatakan, pihaknya optimistis pada lebaran kali ini jumlah wisatawan jauh lebih banyak.

"Terkait perayaan Idul Fitri dan cuti bersama itu, sudah tentu wisatawan yang berlibur akan menyempatkan diri datang ke obyek wisata ini," katanya.

Sujana mengatakan, kunjungan wisata kali ini tampak terjadi lonjakan dari tahun sebelumnya. Hal itu dibuktikan menjelang lima hari lebaran atau H-5, kunjungan naik hingga 120 persen.

"Peningkatan itu kalau dirata-ratakan setiap harinya pelancong yang berkunjung ke obyek wisata dengan latarbelakang Pura Luhur Tanah Lot dan keindahan "sunset" mencapai 6.144 orang," ucapnya.

Ribuan wisatawan tersebut sebagian besar pelancong nusantara, berasal dari kota-kota besar di Indonesia di antaranya Makassar, Jakarta, Yogjakarta dan Bandung.

"Tingkat kunjungan lebaran tahun 2007 lalu pada hari yang sama (H-5) rata-rata per hari berkisar 2.782 orang," kata.

Ia memprediksi puncak kunjungan ke obyek wisata ini pada hari lebaran akan mencapai 12.000 orang. Untuk mengantisipasi membludaknya wisatawan, badan pengelola telah menyiapkan parkir tambahan guna kenyamanan para wisatawan.

Pihak pengelola wisata juga menyiagakan petugas keamanan di lapangan. Di beberapa sudut titik rawan kepadatan pengunjung dipasangi kamera pengintai (CCTV).

"Kami telah memasang tambahan empat CCTV yang sebelumnya sudah ada delapan unit. sehingga dengan pemasangan kamera pengintai tambahan tersebut, 12 sudut telah terpantau dengan kamera," katanya.

Ia menambahkan, dengan pemasangan kamera pengintai itu adalah sebagai upaya untuk memberikan kenyamanan pengunjung dan mengindari terjadinya hal yang tak diinginkan.

"Kami selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung, sehingga mereka nyaman menikmati obyek wisata tersebut,"

1 komentar:

Ayumi Galuh mengatakan...

Tanah Lot memang OK.

Kunjungi : http://www.tanahlot.net