Rabu, 15 Oktober 2008

Kafein Vs Kelelahan

Kafein Vs Kelelahan
Penulis : purwanti










Sebagian besar dari kita akan menenggak kopi atau minuman jenis cola untuk meningkatkan energi, menghilangkan kantuk atau bahkan merupakan kebutuhan pokok yang wajib kita penuhi. Berhati-hatilah, bisa jadi kita telah menjadi pecandu kopi. Dan untuk beberapa wanita kafein dapat menyebabkan kelelahan yang sering mendera dan rasa lelah yang amat sangat.

Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan di jurnal US Pharmacist yang ditulis oleh W. Stephen Pray, PhD, RPh, melaporkan bahwa kafein merupakan perangsang, tapi jika Anda mengonsumsi terlalu banyak, akan menyebabkan hal yang tidak baik untuk kesehatan.

"Pada beberapa pasien, akan menyebabkan kelelahan jika dikonsumsi berlebihan," kata Pray. Dan jika Anda berpikir bahwa ini berarti Anda akan menambah jumlah asupan kafein untuk menghindari kelelahan, bukan itu masalahnya. "Beberapa usaha dilakukan untuk memecahkan masalah dengan menambah kafein untuk menghilangkan rasa lelah, tapi kafein membuatnya semakin buruk," katanya.

Solusinya, kurangi asupan kafein dalam menu Anda seminimal mungkin. Bukan hanya mengurangi konsumsi kopi, tetapi juga coklat, teh, soda dan bahkan beberapa obat-obatan juga mengandungkafein dan bisa menyebabkan Anda kelelahan tanpa Anda sadari penyebabnya.

1 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kesehatan terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!