Rabu, 15 Oktober 2008

Kafein dan Kanker Payudara

Kafein dan Kanker Payudara
Penulis : Purwanti












Ada kabar baik bagi perempuan yang tidak dapat melalui harinya tanpa secangkir kopi. Sebuah penemuan terbaru dari Women's Health Study, dengan mengonsumsi kafein tidak berhubungan dengan meningkatnya risiko kanker payudara.

Setelah 10 tahun diteliti, wanita yang meminum kopi 4 cangkir atau lebih sehari secara keseluruhan memiliki risiko terkena kanker payudara sama dengan mereka yang tidak pernah meminum kopi. Ini artinya, kafein yang terkandung dalam kopi tidak memengaruhi risiko Anda terkena kanker payudara.

Selama beberapa waktu, kafein disebut-sebut sebagai salah satu zat yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan disebut juga kafein dapat mempercepat kemajuan agresifitas aknker payudara.

Seorang peneliti dari Bringham and Women's Hospital dan Harvar Medical School, Shumin M. Zhang, MD mengatakan bahwa belum jelas penelitian mengenai kafein dapat meningkatkan risiko kanker payudara merupakan penelitian asli atau penemuan yang tidak disengaja.

Ia juga mengatakan penemuan ini sangat melegakan perempuan yang memang seorang maniak kopi. Zhang juga menjamin bahwa baik penelitiannya ini maupun penelitian lainnya tentang kafein hasilnya sudah tampak jelas, bahwa kafein tidak memberikan risiko apapun terhadap kanker payudara secara keseluruhan.

Tidak ada komentar: