Senin, 13 Oktober 2008

Pengunjung Borobudur Dipantau dengan Kamera

Pengunjung Borobudur Dipantau dengan Kamera

By Republika Contributor
Pengunjung  Borobudur Dipantau dengan KameraTingkat kepadatan pengunjung Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dipantau melalui jaringan kamera (webcam) mulai Lebaran 2008. "Pemasangan webcam itu hasil kerja sama antara TWCB (Taman Wisata Candi Borobudur) dengan P.T. Telkom," kata Wakil Kepala Unit TWCB, Pudjo Suwarno, di Borobudur, Kamis.

Ia menjelaskan, satu unit kamera pemantau dipasang di dekat panggung terbuka "Aksobya" di timur kaki Candi Borobudur sedangkan satu unit lainnya di dekat loket masuk Candi Borobudur di kawasan timur TWCB. Petugas TWCB dan masyarakat luas bisa memantau melalui internet kepadatan pengunjung Candi Borobudur dengan akses http://125.163.247.73.

Kamera di dekat panggung "Aksobya" untuk memantau kepadatan pengunjung di puncak stupa Candi Borobudur sedangkan kamera di dekat loket masuk untuk memantau pengunjung yang hendak masuk ke kompleks candi itu. "Nanti malam (25/9) akan diujicoba, Lebaran nanti diharapkan sudah bisa digunakan secara optimal," katanya.

Ia menjelaskan, operasional jaringan kamera untuk pemantauan kepadatan kunjungan wisata di Candi Borobudur itu bukan hanya selama Lebaran. "Akan dioperasionalkan terus, mulainya Lebaran tahun ini,"

Tidak ada komentar: