Jumat, 10 Oktober 2008

Minumlah Ketika Haus

Minumlah Ketika Haus
Penulis : Purwanti









Air merupakan salah satu elemen hidup yang paling mendasar, namun untuk mencari tahu sebanyak apa air yang dibutuhkan tubuh bukan sesuatu hal yang mudah.

Sebagian besar dari kita mungkin berpikir bahwa tubuh membutuhkan delapan gelas air setiap harinya, dengan tambahan jenis minuman lain yang kita pilih seperti jus. Tapi rekomendasi terakhir menyatakan bahwa kita tidak perlu terlalu mengkhawatirkan jumlah spesifik air yang harus diminum. Singkatnya, Anda cukup memuaskan dahaga Anda ketika haus dengan minuman jenis apapun.

Dan tentu saja, air (yang bersih, menyegarkan dan bebas kalori) merupakan pilihan yang ideal untuk diminum, sebuah studi menunjukkan bahwa Anda juga bisa menambah hidrasi tubuh dengan meminum kopi, minuman ringan, atau bahkan minuman jenis lainnya.

Studi yang dipublikasikan di American Journal of Physiology pada tahun 2002 mempertanyakan tentang rekomendasi awal mengenai kebutuhan 8 gelas air perhari. Setelah memeriksa secara rinci, seorang peneliti Heinz Valtin menyimpulkan tidak adanya cukup bukti yang menyatakan bahwa orang dewasa yang sehat membutuhkan air untuk memenuhi hidrasi tubuh dengan jumlah yang banyak.

Pada tahun 2004, Institute of Medicine (IOM) mengeluarkan rekomendasi baru yang menyetujui penelitian yang dilakukan Valtin. Mereka mengganti rekomendasi "delapan gelas per hari" untuk memnuhi kecukupan cairan tubuh dengan menggunakan rasa haus untuk memenuhi kebutuhan cairan. Kecuali bagi mereka yang memiliki kondisi yang membutuhkan kecukupan cairan yang cukup bnayak, atlit, dan bagi Anda yang sedang melakukan aktivitas fisik berat atau seseorang yang hidup dengan kondisi yang ekstrim.

Selain memenuhi kebutuhan cairan dari air, Anda juga bisa mendapatkannya dari sayur dan buah-buahan yang mengandung sebagian besar air.

No Makanan Presentase Air
1 Daun Selada 95% (1,5 cangkir)
2 Semangka 92% (1,5 cangkir)
3 Brokoli 91% (1,5 cangkir)
4 Jeruk Bali 91% (1,5 cangkir)
5 Jus Jeruk 88% (3/4 cangkir)
6 Wortel 87% (1,5 cangkir)
7 Yogurt 85% (1 cangkir)
8 Apel 84% (satu buah ukuran sedang)
9 Susu 89% (satu cangkir)

Tidak ada komentar: