Jumat, 10 Oktober 2008

Cukupi Kebutuhan Cairan Anda Sekarang !

Cukupi Kebutuhan Cairan Anda Sekarang !
Penulis : purwanti









Apakah Anda termasuk orang yang gemar membeli minuman teh dalam kemasan, atau Anda penggemar minuman bersoda ?, kini saatnya Anda beralih ke minuman yang lebih sehat.

"Air sebagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang berbentuk cair, air mineral, dan makanan. Semua itu merupakan kebutuhan yang esensial untuk menggantikan besarnya cairan yang keluar dalam aktifitas sehari-hari," kata Joan Koelemay, RD, dari Beverage Institute, sebuah grup indusri.

Jika air yang Anda minum tidak cukup menggantikan cairan tubuh yang hilang, maka Anda akan mengalami dehidrasi. Ada enam alasan untuk meyakinkan bahwa Anda mengonsumsi cukup air setiap harinya, seperti dikutip dalam situs WebMD :

1. Minum Air Mampu Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Tubuh Anda terdiri dari 60% air. Fungsinya adalah untuk pencernaan makanan, penyerapan, sirkulasi darah, pembuatan air liur, juga sebagai transportasi nutrisi dan menjaga suhu tubuh.

"Otak Anda mengkomunikasikan kepada ginjal dan mengatakan berapa banyak air yang akan dikeluarkan sebagai urin atau sebagai cadangan cairan," kata salah seorang yang membantu profesor medis di Stnford University.

Ketika kadar cairan dalam tubuh Anda rendah, otak memerintahkan mekanisme tubuh untuk merasa haus. Dan Anda segera melakukan tindakan yang Anda lakukan seperti meminum air putih, jus, susu, kopi, semua jenis minuman kecuali alkohol.

"Alkohol akan menentang komunikasi antara otak dan ginjal dan menyebabkan pengeluaran cairan secara berlebihan sehingga bisa menyebabkan dehidrasi," katanya.

2. Air Dapat mengontrol Kalori

Selama beberapa tahun, para pelaku diet meminum banyak air sebagai strategi menurunkan berat badan. Air tidak memiliki efek menurunkan berat badan, ganti dengan mengonsumsi minuman berkalori tinggi dapat membantu.

"Apa yang terjadi dengan penurunan berat badan adalah jika Anda memilih air putih atau minuman non-kalori selama Anda mengonsumsi minuman berkalori dan atau mengonsumsi makanan dengan kadar air yang tinggi adalah plihan yang sehat, lebih mengenyangkan dan membantu Anda mengontrol pemasukan kalori dalam tubuh Anda," kata peneliti Penn State, Barbara Rolls, PhD, penulis The Volumetrics Weight Control Plan.

Makanan dengan kadar air yang tinggi terlihat lebih besar dan diserap tubuh lebih lama, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan dengan kadar air tinggi termasuk diantaranya, sayuran, oatmeal, kacang-kacangan dan buah-buahan.

3. Air Memberi Otot Tenaga

Sel yang tidak menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, akan membuat otot kelelahan. "Ketika sel otot tidak tercukupi oleh kebutuhan cairan, mereka tidak dapat bekerja dengan baik dan performanya akan lemah," katanya.

Meminum cukup cairan merupakan hal yang penting ketika latihan, minumlah cukup cairan sebelum dan selama melakukan aktifitas fisik. Hal ini direkomendasikan oleh The American College of Sports Medicine yang menyatakan bahwa orang meminum 17 ons cairan sekitar dua jam sebelum latihan.

Selama latihan, mereka merekomendasikan bahwa orang memulai minum awalnya, dan minum selama latihan akan mengganti cairan tubuh yang keluar saat laihan melalui keringat.

4. Air dapat Membuat Kulit Terlihat Bagus.

Kulit Anda terdiri dari air, dan fungsinya sebagai pelindung untuk mencegah kehilangan cairan berlebih. "Tapi jangan berharap, kelebihan cairan dapat menghilangkan kerutan atau garis halus," kata dermotologist Atlanta, Kenneth Ellner, MD.

"Dehidrasi membuat kulit Anda terlihat kering dan berkerut, dimana dapat meningkatkan kecocokan hidarsi," katanya. "Tetapi sekali hidrasi Anda tercukupi, ginjal akan mengambil alih dan mengeluarkan cairan berlebih."

Air juga dapat "mengunci" diri di dalam kulit sebagai pelembab kulit Anda, sehingga kulit tidak menjadi kering.

5. Air dapat Membantu Kerja Ginjal.

Cairan tubuh mengangkut produksi berlebih dalam sel. Toksin utama dalam tubuh adalah blood urea nitrogen, produksi air berlebih yang melewati ginjal akan dikeluarkan dalam urin.

"Ginjal Anda melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk membersihkan tubuh Anda dari toksin selama Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda." ujarnya.

6. Air Membantu Menjaga Fungsi Usus

Kecukupan hidrasi menjaga saluran pencernaan Anda lancar dan mencegah konstipasi. Ketika Anda tidak dapat mencukupi kebutuhan cairan, usus akan menarik air dari kotoran untuk menjaga hidrasi tubuh (sehingga menyebabkan konstipasi).

"Kecukupan cairan dan serat merupakan kombinasi yang sempurna, karena cairan memompa serat dan bergerak seperti sapu untuk menjaga saluran penceranan Anda tetap bekerja dengan baik," kata Koelemay.

Kini, saatnya Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda sekarang !

Tidak ada komentar: