Jumat, 10 Oktober 2008

Ekstrak Meniran Untuk Imunitas

Ekstrak Meniran Untuk Imunitas

By Republika Contributor
Ekstrak Meniran Untuk Imunitas

Tubuh manusia dianugerahi Tuhan beragam sistem pendukung kehidupan. Salah satunya, sistem pertahanan atau imunitas tubuh.

Peran sistem pertahanan tubuh itu sangat vital bagi tubuh manusia. Keberadaannya dapat mencegah tubuh dari serangan benda-benda berbahaya seperti virus, bakteri, jamur dan bahan berbahaya lain.

"Tidak banyak orang awam yang memahami sistem imun," ungkap Ahli patologi klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, DR. Drs. Suprapto Ma'at.

Dia menjelaskan, secara garis besar fungsi sistem pertahanan tubuh ada tiga. Pertama, pertahanan tubuh guna menangkal bahan berbahaya agar tubuh tidak mudah terkena penyakit.

Kedua, menjaga keseimbangan (homeostatik) dari komponen tubuh. Terakhir, perondaan yaitu sel-sel imun meronda ke seluruh tubuh untuk membinasakan sel-sel tubuh yang mutasi. Fungsi terakhir itu juga mencegah pembentukan sel kanker.

Perkembangan sistem perkembangan disesuaikan pada usia manusia. Pada saat balita sistem imun belum bekerja secara optimal. Demikian pula ketika manusia menjelang usia senja sistem imun mengalami penurunan kinerja.

"Oleh karenanya bayi, anak-anak dan orang tua mudah terkena penyakit," ujar peneliti bioteknologi yang telah menemukan beragam vaksin itu.

Suprapto menjelaskan, sistem imun sangat dipengaruhi oleh usia, gizi, lingkungan dan tingkat stres. Gangguan stres dapat mengakibatkan gangguan pada sistem imun. Sebagai contoh, wanita yang mengalami stres akan tumbuh jerawat di wajah atau mengalami keputihan.

"Untuk mengatasi gangguan sistem imun diperlukan pola hidup sehat. Cukup tidur, makan makanan bergizi, hindari stres, jauhi lingkungan tidak sehat dan jika perlu konsumsi obat penguat sistem imun ," ujarnya.

Suprapto telah melakukan beragam penelitian termasuk obat yang membuat sistem imun lebih aktif menjalankan fungsinya atau disebut immunodulator.

Immunodulator merupakan salah satu obat verbal yang dikembangkan melalui riset terhadap ekstrak Phyllantus Niruri L atau yang dikenal dengan meniran, berkhasiat memaksimalkan kinerja sistem imun.

"Pada saat penelitian, saya pernah mencoba pada penderita hepatitis B. Sukarelawan tersebut mengkonsumsi Meniran-stimuno selama sebulan, hasilnya sistem imun pasien mengalami kemajuan," terangnya.

Tidak ada komentar: