Kamis, 16 Oktober 2008

Akidah

Akidah

Merupakan unsur yang paling esensial dan utama dalam Islam. Meliputi segala hal yang bertalian dengan keimanan dan keyakinan seorang Muslim. Dalam Alquran, akidah biasanya diistilahkan dengan iman.

Kata aqidah berakar dari kata 'aqada-ya'qidu, yang berarti menyimpulkan atau mengikatkan tali dan mengadakan perjanjian. Dari kata ini muncul bentuk lain seperti i'taqada-ya'taqidu dan i'tiqad yang berati mempercayai, meyakini, dan keyakinan. Kata akidah menurut Jamil Shaliba, seorang ahli bahasa arab di Suriah dalam bukunya al-Mu'jam al-Falsafi (Ensiklopedi Filsafat), sepadan dengan kata dogma dalam bahasa Inggris dan latin.

Ajaran Islam dibagi atas tiga aspek pokok yaitu akidah, syariat, dan akhlak. Aspek akidah merupakan aspek yang fundamental dalam Islam dan berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan keyakinan dan kepercayaan terhadap hal-hal gaib. Akidah berkaitan pula dengan pekerjaan hati.

Aspek syariat adalah aspek yang berkaitan dengan amal ibadah yang berkenaan dengan pelaksanaan hukum beripa perintah dan larangan Allah SWT. Sedangkan akhlak berkait erat dengan persoalan etika, moral dan pergaulan hidup. Jadi akidah merupakan fondasi, syariat merupakan cabang (bangunan) dan ahlak merupakan atapnya.

Menurut Mahmud Syaltut, seorang ulama besar Mesir, akidah dan syariat berhubungan erat dan saling menunjang. Akidah itu dasar, di atasnya dibangun syariat, sedangkan syariat merupakan jejak langkah yangmesti mengikuti dan melayani akidah. Oleh karenanya, syariat tidak akan ada tanpa akidah. Akidah menjadi langkah pertama dan paling awal yang harus dilalui seorang muslim.

Dalam alquran akidah diistilahkan dengan iman dan syariat diistilahkan dengan amal saleh. Keduanya selalu disebut beringingan, umpamanya dalam QS An Nahl [16]:97, QS Al Kahfi [18]:107-108, dan QS Al Ashr [103]:1-3. Ayat-ayat tersebut membuktikan bahwa Islam bukan semata akidah atau semata syariat, namun satu kesatuan ajaran yang meliputi keduanya.

Akidah adalah aspek yang harus dimiliki terlebih dahulu sebelum yang lain-lain. Akidah itu harus bulat dan penuh, tidak ada keraguan dan kesamaran di dalamnya. Akidah yang benar adalah akidah yang sesuai dengan ketetapan keterangan-keterangan yang jelas dan tegas dalam Alquran serta hadis. Pada periode Mekkah, penanaman akidah itulah yang pertama sekali dilakukan Rasulullah SAW.

Pernyataan yang sangat mendasar untuk akidah yang benar ialah dua kalimah syahadat yang juga disebut kalimat tauhid. Seseorang akan diakui sebagai seorang muslim dan memiliki akidah yang benar apabila telah menyatakan dua kalimat syahadat.

Tidak ada komentar: