Jumat, 10 Oktober 2008

Amazing Green Tea !

Amazing Green Tea !
Penulis : purwanti










Anda mungkin sudah biasa mengonsumsi teh, bahkan mungkin sudah menjadi kebutuhan Anda sehari-hari. Teh merupakan makanan sehat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah kanker. Tapi tahukan Anda manfaat lain teh, terutama teh hijau ?

Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan, pria yang meminum teh hijau secara teratur memiliki kadar kolesterol lebih rendah dari pada mereka yang tidak meminumnya.

Penelitian di Spanyol dan Inggris pun menunjukkan bahwa kadar epigallocatechin- 3-gallate (ECGC) yang terdapat di dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, daun dengan nama latin Camellia Sinensis ini terbukti secara klinis dapat mencegah serangan influenza. Pucuk daun teh hijau mengandung flavonoid bisa memperkuat gigi, melawan bakteri dan mulut sehingga mampu mencegah bau mulut, mencegah terbentuknya plak gigi, menghambat infeksi tenggorokan dan mencegah ostosteoporosis.

Teh hijau juga membantu melawan keracunan makanan dan menghindari penyakit kulit, karena teh hijau juga mengandung antioksidan.

Katekin dalam teh hijau merupakan turunan dari Poliphenol yang merupakan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Kadar katekin berpengaruh terhadap rasa teh hijau, dan memiliki kadar yang berbeda pada pengolahannya. Semakin tinggi katekin, makin tinggi pula rasa pahit dan terasa sepat.

Selain dikonsumsi, teh hijau juga digunakan untuk bahan kosmetik. Seperti pembersih muka, produk sabun, bahkan parfum dengan aroma teh hijau pun mampu bersaing dipasaran.

Tidak ada komentar: