Rabu, 12 November 2008

Pintar Memanfaatkan Lidah Buaya

Pintar Memanfaatkan Lidah Buaya

By Republika Contributor
Pintar Memanfaatkan Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya banyak ditanam di halaman rumah. Tak sekedar sebagai tanaman hias, lidah buaya yang memiliki kandungan air, getah dan lendir bisa menjadi perawatan kecantikan dan obat. Jelly dari aloe vera itu juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur karena memiliki keasaman (Ph) seperti kulit manusia.

Sehingga saat menggunakan aloe vera, sangat kecil sekali akan terjadi alergi kulit. Pasalnya, senyawa lignin dan polisakarida memberi kemampuan untuk menembus kulit secara baik, sekaligus sebagai media pembawa zat-zat nutrisi yang diperlukan kulit.

Asam amino yang terkandung didalamnya akan membantu perkembangan sel-sel baru, sekaligus menghilangkan sel-sel yang telah mati. Hal itu membuat getah lidah buaya sangat baik bagi kulit.

Manfaat lidah buaya yang sudah diketahui secara luas, antara lain:

  • Penyubur rambut. Ambil batang lidah buaya secukupnya, kupas kulitnya, lalu gosokkan ke kulit kepala. Sebelum dicuci, bungkuslah kepala dengan kain, biarkan beberapa saat agar zat-zat yang terkandung didalamnya dapat meresap. Lakukan dua kali sehari.
  • Luka bakar atau tersiram air panas. Ambil bagian dalam lidah buaya, tempelkan dibagian tubuh yang sakit.
  • Bisul. Cobalah lumatkan daging lidah buaya, tambahkan sedikit garam dan tempelkan pada bisul.
  • Untuk mengobati Wasir, siapkan ½ potong lidah buaya, ½ cangkir air matang dan 2 sendok makan madu. Campurkan parutan lidah buaya dengan air dan madu, aduk rata, saring dan minum ramuan ini tiga kali sehari.
  • Penurunan Kolestrol. Ambil 30 gram lidah buaya dan 3 buah mengkudu matang. Setelah dikupas lalu di blender bersama mengkudu. Tuangkan air secukupnyalalu rebus sampai mendidih. Minum selagi hangat, pagi dan sore.

Tidak ada komentar: