Rabu, 12 November 2008

Miliki Taman Obat Herbal di Rumah

Miliki Taman Obat Herbal di Rumah

By Republika Contributor
Miliki Taman Obat Herbal di Rumah

OBAT: Tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan sebaiknya tersedia di pekarangan rumah.

JAKARTA-- Seiring perkembangan zaman, semakin banyak ditemukan penyakit-penyakit dari tingkat rendah hingga yang kronis. Hidup sehat bukan lagi pilihan tapi keharusan. Untuk mencapainya bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari rajin berolah raga, menjaga pola makan, berpikir positif hingga memilih pengobatan yang tepat dan tidak berefek buruk.

Saat sakit, seseorang bisa memilih jenis obat yang ingin digunakannya. obat farmasi dengan khasiat yang langsung menghilangkan rasa sakit namun memiliki risiko efek samping atau obat herbal yang mekanismenya sinergi hingga minim efek samping.

Pengelola Taman Apotik Hidup Taman Mini Indonesia Indah, Titin Khristantina mengatakan, bahan aktif obat farmasi yang bersifat tunggal memiliki resiko efek samping dalam pemakaiannya.

"Obat farmasi memang bisa langsung menyembuhkan karena memilki bahan aktif tunggal, sementara dalam herbal terdapat beberapa bahan aktif dan mekanisme kerjanya sinergi sehingga tidak atau memiliki efek yang sangat kecil," ujarnya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih herbal untuk pengobatan atau pencegahan penyakit. Sebaiknya dampingi penggunaan herbal dengan buku petunjuk mengenai herbal agar dosis, manfaat dan cara pengolahan bisa diketahui dengan tepat.

"Penggunaan herbal sebaiknya dengan buku-buku herbal. Karena dosis pemakaian herbal untuk pengobatan tidak ada ukuran standar. Tapi dengan penelitian dan dapat dilihat di buku maka dosisnya bisa tepat dan manfaatnya bisa lebih efektif," saran Titin.

Beberapa herbal yang secara empiris telah terbukti berkhasiat antara lain Sambiloto, Ginseng, Temu lawak, Jahe, dan Kunyit. Sambiloto dengan rasanya yang pahit memiliki khasiat menyembuhkan penyakit kulit. Sedangkan ginseng, jahe dan kunyit memiliki khasiat nyata untuk menjaga stamina tubuh, bahkan kunyit adalah antibiotik yang baik bagi tubuh.

Titin mengatakan, khasiat herbal untuk pengobatan memang tidak bisa langsung. Justru Anda harus waspada jika ada produk herbal yang bisa langsung menyembuhkan.

"Jika ada produk herbal yang langsung bisa menyembuhkan, bisa dipastikan dalam produk itu terdapat bahan kimia juga karena penyembuhan herbal tidak bisa langsung. Misalnya ketika tidak enak badan dan meminum jamu, badan akan terasa segar kembali esok harinya. Tidak bisa sesaat setelah meminum jamu.

Meskipun ada juga herbal yang bersifat aktif yang memiliki khasiat yang cepat dirasakan seperti jahe. "Zat aktif dalam jahe yang bisa menghangatkan tubuh dan bisa membuat tubuh berkeringat dapat dengan cepat mengembalikan kesegaran tubuh," paparnya

Titin menyarankan pentingn setiap keluarga memilki taman obat, agar sedini mungkin anak-anak tidak menabung efek samping karena mengonsumsi obat farmasi.

"Meskipun tubuh memiliki daya menetralisir namun efek penggunaan obat farmasi akan terasa di masa yang akan datang. Usahakan untuk anak-anak menggunakan herbal. Tinggal kreatifitas orang tua agar herbal yang diberikan bisa pas untuk anak-anak,"

Tidak ada komentar: