Minggu, 27 Juli 2014

Tarawih empat rakaat satu salam



Tarawih empat rakaat satu salam

Secara umum, sholat malam-khususnya tarawih biasa dilakukan dua rakat dan salam, atau bahasa umum dua rakaat-dua rakaat., tidak biasa/lazim dilakukan dengan empat rakaat  satu salam. Karena yang demikian memang lebih baik dilakukan dengan dua rakaat dan salam, namun dibolehkan juga dilakukan dengan empat rakaat satu salam. Hadist yang menerangkan dua rakaat satu salam diriwayatkan muttafaq alaihi  sabda Rasulullah Saw “ 

صلاة الليل مثنى مثنى، فإذا خشي أحدكم الصبح صلى ركعة واحدة توتر له ما قد صلى

“Shalat malam itu 2 (raka’at) 2 (raka’at), jika kalian takut akan datangnya subuh, maka shalatlah satu raka’at (witir) sebagai penutup.” (Muttafaq ‘Alaih)
Dari hadist tersebut dapat dimaknai bahwa  sholat tarawih, lebih afdol dilakukan dengan dua rakaat satu salam,  Salah satu hikmahnya karena shalat tarawih itu shalat malam yang dilakukan secara berjamaah. Dengan de lebih mudah dan lebih ringan buat para Jemaah setiap 2 raka’at ditutup dengan salam. Karena akan terasa berat kalau harus menunggu 4 raka’at baru salam.

Namun demikian bukan berarti tidak boleh sholat tarawih empat rakaan satu salam, dari ‘Aisyah, Istri Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Beliau berkata:

كان النبي صلى الله عليه وسلم يصلي أربعاً فلا تسال عن حسنهن وطولهن، ثم يصلي أربعاً فلا تسأل عن حسنهن وطولهن ثم يصلي ثلاثاً

“Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam shalat 4 (raka’at) dan jangan kau tanyakan bagus dan panjangnya (shalat tersebut), kemudian beliau shalat 4 (raka’at), dan jangan kau tanyakan bagus dan panjangnya, kemudian beliau shalat 3 raka’at (witir)” (Muttafaq ‘Alayh)

Untuk sholat witir, ada beberapa ragam yang perlu diteladani dari Rasulullah Saw, beliau pernah shalat witir langsung 3 raka’at dengan satu salam, pernah juga 5 raka’at dan 7 raka’at sekaligus. Kalau shalat sunnah malam itu harus 2 raka’at, pastilah Rasul memisahkan shalat witirnya 2 raka’at kemudian 1 raka’at, tapi tidak demikian, padahal witir juga termasuk shalat malam.

‘Aisyah berkata: “Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah shalat malam sebanyak 13 raka’at didalamnya witir dengan 5 raka’at. Dia tidak duduk dalam witir tersebut kecuali diraka’at terakhir, kemudian salam.” (HR Muslim, Abu Daud) والله أعلم

Tidak ada komentar: