Minggu, 13 Juli 2014

SEMBILAN BULAN



SEMBILAN BULAN

Banyak cara untuk menambah keimanan seseorang, salah satunya adalah dengan melihat ciptaan-Nya yang mengagungkan, baik itu berkenaan dengan alam jagat raya, dengan galaksinya yang begitu teratur menurut sunnatullah, semuanya bergerak, berputar layaknya tawaf yang dilakukan jamaah haji. Atau lewat pembuktian lain keseharian bila kita merenunginya secara mendalam.  Berikut ini semoga saja semakin menambah keimanan kita dengan mengetahui tentang perkembangan janin dalam rahim selama sembilan bulan.

' Dan sungguh telah kami ciptakan manusia dari saripati tanah'
' Kemudian kami jadikan saripati itu tersimpan di dalam tempat yang kokoh'
'Kemudian kami ciptakan dari saripati itu segumpal darah. Maka kami ciptakan dari segumpal darah itu segumpal daging. Maka kami ciptakan dari daging itu tulang-belulang. Dan kami bungkus tulang-belulang itu dengan daging. Kemudian kami jadikan dia makhluk yang berbentuk lain. Maka maha suci Allah. Pencipta yang paling baik. Kemudian sesudah itu, kamu sekalian akan mati. Kemudian kamu sekalian akan dibangkitkan di hari kiamat' Qs Al-Mukminun: 12-14.

Bulan ke 0

Saat terjadi pembuahan, sebuah sel telur atau ovum ibu dibuahi oleh sperma ayah. Salah satu dari jutaan spermatozoa, yang paling gesit akan membuahi sel telur tersebut. Pada saat itulah sebenarnya konsepsi kehidupan mulai terjadi. Kombinasi genetika antar ayah dan ibu akan menentukan sipat fisik maupun psikis dari si anak, lewat kombinasi sekitar 30.000 gen dalam diri sang bayi.

Bulan ke 1
Minggu ke empat, janin telah mengalami pertumbuhan sangat cepat hingga mencapai 10.000 kali lipat dibandingkan dengan ukuran saat pembuahan. Pada tahap ini organ-organnya sudah mulai kelihatan. Seperti tangan, kaki, mata, dan telinga. Tulang punggung dan otot-ototnya juga mulai kelihatan. Bahkan sistem sirkulasi darah lewat jantung sudah mulai bekerja. Plasenta/ari-arinya membentuk sistem pertukaran darah yang unik antara ibu dan janin.


Bulan ke 2
Minggu ke delapan, organ-organnya telah membentuk secara lengkap, seperti dewasa kelak. Akan tetapi belum terbentuk sempurna. Jantungnya berdetak lebih kencang di banding bulan ke 1. Pencernaan dan ginjalnya mulai berpungsi. 40 otot mulai bisa digerakkan, tersambung ke sistem saraf. Tulang-tulang muda mulai berubah menjadi semakin mengeras.

Bulan ke 3
Minggu ke dua belas, perkembangan organ-organ tubuhnya semakin jelas. mulutnya mulai buka-tutup. Bisa mengernyitkan dahi, mengangkat alis mata, dan menggerakkan kepala. Kukunya mulai tumbuh dijemarinya. Tulang punggung dan tulang dadanya semakin terbentuk sempurna.

Bulan ke 4
Minggu ke enam belas, kini panjang janin sekitar 15 cm. Badannya semakin berisi dan sekamin jelas perbedaan antara organ-organnya. Kepala, leher dan tulang belakangnya membentuk lengkungan yang makin proporsional. Terbentuk lapisan kulit transparan, menggantikan membran yang meliputinya. Mata masih tertutup, hidung, mulut, telinga dan mata, bentuknya tambah bagus.

Bulan ke 5
Minggu ke dua puluh, panjang badannya mencapai 30 cm, dengan berat sekitar 0,5 kg. Ibu sudah mulai merasakan gerakan janin. Jika ada suara keras, janin itu bisa terkejut dan bergerak-gerak kasar. Sekali waktu ibu akan merasakan janinnya cegukan. Si janin juga mulai bisa bergerak berputar dalam posisi bersedekap.

Bulan ke 6
minggu ke dua puluh lima, kelenjar keringatnya mulai berpungsi. Kulitnya yang lembut dilindungi oleh semacam lapisan lembek yang disebut vernix, dari cairan sekitarnya. Dan mulai bisa membuka kelopak mata. Dia sudah mulai bisa membedakan gelap dan terang. Perubahan denyut jantungnya juga sudah bisa dideteksi dan direkam. Dia meminum cairan tubanya, dan dikeluarkan lewat urine. Mekanisme ini akan melindunginya ketika dia lahir prematur.

Bulan ke 7
Minggu ke tiga puluh, ke empat indranya sudah mulai berpungsi, yaitu penglihatan, pendengaran, pengecap dan peraba. Dia juga mulai mengenali suara ibunya. Gerakannya jadi terbatas, karena badannya semakin membesar. Tapi dia bisa mengulum ibu jarinya. Dia sering membuka mata untuk mencari sesuatu. Air tubanya telah berkurang separo untuk memberi ruang gerak kepadanya. Berat badannya bertambah dengan cepat mencapai 2 kg pada akhir usia kandungan 7 bulan.

Bulan ke 8
Minggu ke tiga puluh lima, kulitnya mulai menebal dengan semacam lemak di bagian bawahnya, antibodynya terbentuk. Dia menyerap sekitar satu galon air tuba sehari. Dalam tiga jam air tubanya sudah berganti baru semuanya. Dia semakin mengenal lingkungan, misalnya suara ibunya, atau suara-suara tertentu seperti musik. Badannya bertambah 1 kg.

Bulan ke 9

Minggu ke tiga puluh delapan, badannya hanya bertambah sekitar 0,5 kg , karena plasentanya sudah semua dan bersiap-siap untuk lahir. Biasanya janin hanya menambah lemak untuk pelindung tubuhnya agar tetap hangat. Juga agar badannya terlihat lebih montok. Dia segera mengatur posisinya agar mudah saat dilahirkan.Subhaanallah.mr0307km08

Tidak ada komentar: