Kamis, 01 Mei 2014

Rumah yang dijauhi malaikat



Rumah yang dijauhi malaikat

Kita ketahui bersama bahwa para malaikat atas perintah Allah SWT, senantiasa menebarkan rahmat kepada manusia,  ia selalu memberikan kesejukan  dan ketentraman kepada penghuni rumah yang dikunjunginya. Namun tidak semua dikunjunginya, yaitu rumah yang memiliki krarateristik  tersediri , kalau tidak ia tidak mau berada di dalamnya. 

1.     Rumah yang tidak terjaga-kotor,  akan dijauhi malaikat,  seperti rumah yang memiliki anjing di dalamnya. Dimana anjing membuang kotorannya di dalam  yang membuat rumah menjadi bernajis.  Rasulullah Saw pernah mengalaminya langsung, jibril berjanji akan berkunjung  ke rmah Rasulullah Saw, namun jibril tidak kunjung datang, Rasulullah bersabda “ Allah SWT tidak mengngkari  janjinya tetapi kenapa jibril belum juga datang. ketika Rasulullah Saw menoleh, ternyata terdapat anak anjing di bawah tempat tidur,  ketika anjing itu dikeluarkan, masuklah jibril,  kenapa enhkau terlambat datang,  tanya Rasulullah, jibril menjawab, karena tadi di rumahmu ada anjing. Ketahuilah bahwa kami tidak memasuki rumah yang di dalamnya ada anjing, gambar atau patung. Hr Muslim.

2.    Membuat patung yang menyerupai ciptaan Allah SWT,  Ini  perbuatan yang dilarang. Rasullah Saw bersabda “ siapa yang berbuat zolim selain orang yang bekerja membuat ciptaanNya, leh karena itu cobalah mereka membuat biji atau zarrah. Hr Muslim.
Dengan membuat patung di dalam rumah, membuat rumah seakan mendukung membuat patung, sebuah perbuatan yang dilarang Allah SWT. Rumah seperti ini tentu akan dijauhi malaikat.

3.    Rumah yang bau tidak sedap akan dijauhi malaikat, Rasulullah Saw bersabda’ Siapa saja yang memakai pohon tidak sedap ini janganlah mendekati masjid kami, sesungguhnya malaikat akan merasa sakit karena aromanya seperti halnya manusia. Hr. Muslim.

4.    Rumah yang penghuninya tidak pernah membaca ayat suci AlQur’an. Rasulullah Saw, bersabda’ Sinarilah rumah-rumah kamu sekalian dengan sholat-sholat sunnah dan bacaan AlQur’an. Hr. Baihaqi.

Rumah yang penghuninya jarang membaca Al-Qur’an menjadikan rumah menjadi kelam. Dan dijauhkan dari rahmat Allah SWT. Sabda Rasulullah Saw, tidak suatu kaum berkumpul untuk membaca kitabullah atau Al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan ketenangan jiwa baginya. Mereka diliputi oleh rahmat dan dikelilingi malaikat, dan Allah SWT menyebut nama-nama mereka di hadapan para malaikat yang ada di sisinya. Bahkan orang yang membaca Al Qur’an dengan terbata-bata juga mendapat rahmat Allah SWT. “ Orang yang pandai membaca AlQur’an  akan ditempatkan bersama kelompok para malaikat yang mulia dan terpuji, sedangkan orang yang terbata-bata dan sulit membacanya mendapatkan dua pahala. Hr Bukhori.

5.    Rumah yang ditempati oleh seorang istri yang tidak mematuhi suaminya. “ apabila seorang istri bermalam meninggalkan atau menjauhi tempat tidur suaminya, maka malaikat akan melaknatinya sampai pagi.Hr Muslim.

Demikian syariat mengaturnya, karena dikhawatirkan jika seorang istri menolak ajakan suaminya , suami akan kehilangan cintanya dan akan melakukan zina, perbuatan yang sangat terlarang agama, dan termasuk dosa besar. Sabda Rasulullah Saw “ hak seorang suami adalah seorang istri tidak boleh keluar dari rumah melainkan dengan ijinnya, jika istri melakukannya, Allah SWT, malaikat rahmat dan malaikat kemarahan akan melaknat hingga ia bertaubat. Hr Abu Daud.
Demikian syariat mengaturnya agar terjadi keharmonisan dalam  berumah tangga.

6.    Rumah yang didalamnya terdapat orang yang pelit. Rasulullah Saw bersabda “ tidak saripun dimana seorang hamba berada padanya, kecuali dua malaikat turun kepadanya. Salah satu diantara keduanya berkata ya Allah SWT, berilah ganti kepada orang yang berinfaq. Sedangkan yang lain berkata hancurkanlah harta orang yang kikir. Hr. Bukhori.
Demikianlah, tidak ada muslim yang rumahnya dijauhi malaikat, sebaliknya ingin selalu ditunggui para malaikat, untuk mendapatka berkah dan rahmat Allah SWT. 2Mr-2014.

Tidak ada komentar: