Kamis, 01 Mei 2014

Menguap dan tidur



Menguap dan tidur

Allah SWT menciptakan manusia dengan segala kesempurnaannya, sebagai kholifah di bumi ia diciptakan dengan sebaik-baik ciptaannya. Memiliki kesempurnaan jasad dan yang paling utama adalah akal pikirannya. Qs  At Tiin :4.


Description: http://www.dudung.net/images/quran/95/95_4.png


sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya . [Qs 95:4]

di samping itu Allah SWT ciptakan siang dan malam agar  manusia dapat beristirahat tidur setelah seharian berusaha mencari karunianya.


Description: http://www.dudung.net/images/quran/30/30_23.png

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan. [Qs 30:23]

Sebelum tidur seseorang diawali dengan menguap sebagai tanda ia mengantuk, dan saat menguap sisunnahkan menutup mulutnya. Hal ini agar setan tidak masuk dan mengalir dalam darah

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِيْ مِنَ اْلإِنْسَانِ مَجْرَى الدَّمِ

Sesungguhnya setan bisa berjalan pada (tubuh) manusia seperti mengalirnya darah. Hr Bukhari dan Muslim

 Namun bila sudah kelebihan, katakan saja dalam satu menit bisa menguap lebih dari 4 kali, maka perlu mendapat perhatian, karena biasanya yang demikian tersebut sebagai tanda ganngguan dari syaraf besar,  yaitu tanda terkena efilepsi, radang otak atau tumor otak. atau bisa jadi sebagai pertana kecemasan dan rasa bosan yang diawali dengan fungsi janyung melamban dan masukan oksigen ke otak   berkurang, saat itu seseorang jadi menguap. 

إِذَا تَثَاوَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيُمْسِكْ بِيَدِهِ عَلَى فِيهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ

Dan apabila  salah seorang kalian menguap, hendaklah ia menahan mulutnya dengan tangan, karena saitan bisa masuk. Hr . Muslim. 

التَّثَاؤُبُ مِنْ الشَّيْطَانِ فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَكْظِمْ مَا اسْتَطَاعَ
Menguap itu dari setan, maka bila seorang dari kalian menguap hendaklah ia berusaha menolaknya semaksimal mungkin. (HR. Muslim)
Sabda lainnya “ apabila salah seorang dari kalian menguap dalam sholatnya, hendaklah ia berusaha menahannya sebisa mungkin karena saitan bisa masuk. Hr Muslim.
Selain karena lelah, bosan, dan stress ,  menguap disebabkan karena mengantuk dan cara menghilangkannya adalah dengan  tidur. Sebaiknya tidur yang cukup adalah sepertiga  hidupnya meleknya untuk tidur.  Tidur dapat memulihkan organ tubuh untuk kembali berfungsi dengan baik, selain sekedar untuk istirahat. Karena ketika tidur tubuh mengalami perbaikan  dan detoksifikasi,  memperbaiki  sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Kurang tidur akan dapat mengadatangkan masalah kesehatan, seperti depresi, diabetes  tekanan darah tinggi, obesitas dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.  Sebaliknya kebanyakan tidur akan menimbulkan penyakit jantung. Dari itu tidurlah yang cukup sesuai yang dianjurkan.

Seseorang yang tidur siang, juga baik untuk ingatan.  Dapat menghilangkan kekakuan, meningkatkan kerja otak, selain itu tidur siang dapat mencegah penuaan, meningkatkan memori dan membuat tubuh lebih segar dan pres. Sebagai mana diFirmankan  Allah SWT Qs Arrum : 23 diatas. Demikian  oretan singkat, bila menguap tutuplah dengan tangan, jika mengantuk tidurlah, yang demikian itu menyehatkan.

Tidak ada komentar: