Senin, 06 Mei 2013

Wudhu sebelum tidur



Wudhu sebelum tidur

Soal wudhu merupakan soal yang ringan, setidaknya  begitulah banyak orang menganggapnya, tapi sebenarnya banyak manfaat darinya disamping baik bagi kesehatan juga merupakan tuntunan yang bernilai ibadah, karena sesuatu yang diperintahkan Rasulullah Muhammad Saw, pasti ada kandungan manfaatnya. Nabi sendiri selalu melakukannya, berwudhu sebelum tidur.

Dari pakar kesehatan dikemukakan bahwa mencuci kaki, muka dan mulut sangatkan dianjurkan untuk kesehatan dari bakteri dan kuman, bahkan dari pakar kecantikan akan memperoduksi sel-sel kecantikan dengan cara selalu membersihkan muka secara rutin*1. Dari segi syariat, Rasulullah Muhammad Saw, bersabda  Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

Sabda lainnya ,  Dari umar bin harits bahwa nabi bersabda :“barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu ,maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi allah. Maksudnya orang yang berwudhu sebelum tidur akan memperoleh posisi yang tinggi disisi Allah. Berwudhu sebelu tidur merupakan anjuran nabi yang harus dikerjakan bila seseorang ingin memperoleh kemuliaan disisi Allah.

Rasulullah Muhammad Saw,  mencontohkan  posisi tidur yang baik setelah berwudhu, yaitu di antaranya tidur sambil miring ke kanan, tidak tidur sambil tengkurap. Sabdanya “Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang tidak disukai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Ahmad dan Al-Hakim).
Dan diperintahkan berwudhu dahulu  sebelumnya, sabdanya

إِذَا أَخَذْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ

 “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR. Bukahri dan Muslim).

dari Mujahid dengan sanad yang kuat, Ibnu Abbas radliyallahu ‘anhuma berkata, “Janganlah engkau tidur kecuali dalam kondisi berwudlu (suci), karena arwah akan dibangkitkan sesuai dengan kondisi saat dia dicabut.”


Sebelum tidur, hendaknya berdo’a
"Ya Allah, sesungguhnya aku menyerahkan diriku kepada-Mu, dan aku menyerahkan urusanku kepada-Mu, aku sandarkan urusanku kepada-Mu (agar Engkau menolongku), dengan penuh harap dan takut pada-Mu, tidak ada tempat berlindung dan tempat berlari dari azabMu, kecuali hanya kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab-Mu yang Engkau turunkan dan aku beriman kepada Nabi-Mu yang Engkau utus." (HR. Bukhari Muslim
Atau yang  lebih singkat 

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati
Setelah bangun, membaca

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit

Demikian seseorang hendaknya berwudhu sebelum tidur, dengan  ber-istisnaq (menghirup air dalam hidung) dapat mencegah timbulnya penyakit dalam hidung. Dengan mencuci kedua tangan  dapat menjaga kebersihan tangan,  juga bisa menjaga kebersihan kulit wajah bila  rajin berwudhu. Selain itu juga bisa menjaga kebersihan daun telinga dan telapak kaki, artinya dengan sering berwudhu dapat menjaga kesehatan tubuh disamping bernilai ibadah yang diperintahkan syariat. Wallahua’lam, mr-mei2013 
----------
*1. Muka yang bersih akan  mencerahkan kulit wajah. Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah karena kinerja wudhu ini menghilangkan dalam kulit. Kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah  akan senantiasa hilang dan tentunya wajah akan menjadi cerah dan bersih.

Tidak ada komentar: