Sabtu, 09 Februari 2013

Yang membuat iblis menangis


Yang membuat iblis menangis

Secara singkat  Imam Al Qurthubi menjelaskan beberapa hal yang membuat iblis menangis.*1
1.      Surat Al Fatihah, bila surah ini dibaca dimana dan kapanpun, iblis menjadi menangis.  Surah ini disebut juga ummul Qur’an,ummul kitaab, Assab’ul matsani-tujuh ayat yang selalu diulang-ulang saat sholat.  Sabda Rasulullah “ Apabila seorang ingin berdialog dengan Robbnya maka hendaklah dia membaca Al Qur'an. (Ad-Dailami dan Al-Baihaqi) dan  Orang yang pandai membaca Al Qur'an akan bersama malaikat yang mulia lagi berbakti, dan yang membaca tetapi sulit dan terbata-bata maka dia mendapat dua pahala. (HR. Bukhari dan Muslim)*2

2.      2. Syahadat, iblis akan menangis bila mendengar orang mengucapkan syahadaian-dua kalimat syahadat.  Rasulullah Saw bersabda: "Aku kesayangan Allah (dan tidak congkak). Aku membawa panji "PUJIAN" pada hari kiamat, di bawahnya Adam dan yang sesudahnya (dan tidak congkak). Aku yang pertama pemberi syafa'at dan yang diterima syafaatnya pada hari kiamat (dan tidak congkak). Aku yang pertama menggerakkan pintu surga dan Allah membukanya untukku dan aku dimasukkanNya bersama-sama orang-orang beriman yang fakir (dan tidak congkak). Dan Aku lah paling mulia dari kalangan terdahulu dan terbelakang di sisi Allah (dan tidak congkak)." (HR. Tirmidzi) dan Ketika Aisyah Ra ditanya tentang akhlak Rasulullah Saw, maka dia menjawab, "Akhlaknya adalah Al Qur'an." (HR. Abu Dawud dan Muslim)

Ada kisan di masa Rasulullah, seorang kakek berumur 100 tahun  yang menanyakan akan ampunan dalam Islam.
Katanya “"Ya Rasulullah, apakah agamamu bisa menghapuskan dosa-dosa yang telah aku perbuat, yang mana dosaku setumpuk gunung, berzina, mabuk, berjudi dan sebagainya dan kalau dikumpulkan akan melebihi dosa orang yang paling banyak dosanya di muka bumi ini," kata orang tua itu.
"Bisa," jawab Rasulullah SAW, "Lalu apa yang harus aku lakukan?" tanya orang tua itu. Kemudian Rasulullah SAW bersabda,
"Ucapkanlah Syahadat." Kemudian orang tua itu pergi menuju rumahnya.
Selang 3 hari kemudian terdengar kabar kalau orang tua itu meninggal dunia dan Rasulullah SAW pun bersabda, "Orang tersebut termasuk golongan orang yang masuk surga."

3.      3. Mengucapkan salam, bila diucapkan dari seorang muslim saat bertemu, dapat membuat iblis menangis. Ucapan ini merupakan hak muslim kepada muslim lainnya. Dalam riwayat  Ibnu Abbas ra,  "Sesungguhnya iblis yang terkutuk itu akan menangis pada saat seorang mukmin bersalaman dan dia -iblis- berkata, "celakanya, kedua mukmin itu tidak akan berpisah melainkan akan diampuni dosa-dosanya."
Pentingnya  ucapan salam bagi muslim,  di sampaikan Rasulullah dalam sabdanya "Barangsiapa yang berbicara sebelum memberi salam, maka janganlah kamu jawab (HR. Ad-Dainuri dan Tirmidzi)
Sabda lainnya “ : Ada lima kewajiban bagi seorang muslim terhadap saudaranya yang muslim; menjawab salam, mendoakan orang yang bersin, memenuhi undangan, menjenguk orang sakit dan mengiring jenazah. (Shahih Muslim)
“ Seorang pengendara hendaknya mengucapkan salam kepada pejalan kaki dan pejalan kaki mengucapkan salam kepada orang yang duduk dan jamaah yang beranggota lebih sedikit mengucapkan salam kepada jamaah yang beranggota lebih banyak. (Shahih Muslim)*3

Firman Allah, "Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa)*4. Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu." (Surat 4. AN NISAA' - Ayat 86)

Demikian ucapan yang membuat iblis menangis, tentu saja dengan upacan yang ikhlas  dan sungguh-sungguh dengan keyakinan yang tinggi, bukan sekedar main-main, semoga bermanfaat.mr feb2013


----------
*1. Dalam ringkasan terjemahan Kitab Al Jami' Liahkam Al Qur'an
*2. diawali dengan surah Al Fatihah, Dari 1.100 hadist pilihan- Dr. Muhammad Faiz Almath - Gema Insani Press
*3. Dari kumpulan hadist – shahih muslim, dalam riwayah lain “ Rasulullah  bersabda: "Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam, yaitu bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam; bila ia memanggilmu penuhilah; bila dia meminta nasehat kepadamu nasehatilah; bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah (artinya = semoga Allah memberikan rahmat kepadamu); bila dia sakit jenguklah; dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya)". Riwayat Muslim. Dikutip  dari Kitab Hadits Bulughul Maram Min Adillatil Ahkam, Oleh : Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Ashqolani, bab adab dan kesopanan.
*4. Dihormati, maksudnya diberikan salam dan jawablah dengan yang serupa – diambil dari kisah hadist - Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya orang Yahudi itu bila mengucapkan salam kepada kalian mereka mengucapkan: "Assaamu `alaikum" (kematian atas kalian), maka jawablah dengan: "Wa`alaka" (semoga menimpa kamu). (Shahih Muslim No.4026)
tulisan lainnya lapat dibaca di muchroji.multiply.com, muchroji.blogspot.com, kompas-rubrik kompasiana.

Tidak ada komentar: