Senin, 04 Februari 2013

persenan-tip


Tip persenan

Dalam kebiasaan masyarakat pada umumnya, ketika  selesai makan di restoran  atau kafe sering menyelipkan uang di bawah piring atau memberikannya langsung kepada yang melayani, di sebut uang tip atau persenan. Uang ini maksudnya sebagai ucapan terima kasih atas  layanan yang diberikannya dengan baik. Uang tip bukan saja berlaku di kafe atau rumah makan, tapi juga ada diberbagai  transaksi atau pelayanan jasa lainnya, seperti orang yang mengantarkan barang pesanan  alat-alat rumah tangga  atau juga pesanan makanan cepat saji yang sekarang ada dihampir setiap restoran.
Kebiasaan ini boleh saja dengan beberapa alasan dan catatan,  dan dengan semata-mata hanya ucapan terima kasih sebagai hadiah, dan bukan merupakan kewajiban bagi pengguna jasa. Juga pemberian tersebut diluar akad transaksi anta keduanya. Semata-mata diberikan begitu saja kepadanya dan juga tidak dianbil atau untuk pimpinannya di mana ia bekerja.
Karenanya bagi yang menerima tidak berharap mendapatkannya ketika ia memberikan pelayanan, bila sebaliknya maka tentu tidak diperbolehkan, karena bisa jadi ia akan merasa sakit hati bila ia tidak mendapatkannya  dari pelayanan yang ia berikan. Atau ia menjadi malasa dan rajin dengan memberikan pelayanan yang baik hanya kepada orang yang memberikan tip saja. Kalau demikian akan menjadi kebiasaan yang jelek, dan kebiasaan ini yang dilarang  oleh agama, menjadi budaya berharap dan  meminta-minta. Wallahua’lam, mr des 2012

Tidak ada komentar: