Senin, 12 Januari 2009

munafik

يَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga. jika berbicara ia berbohong, jika berjanji ia ingkar, dan jika dipercaya ia berkhianat. (HR Bukhari)
Berbohong
Yang pertama, yang menjadi ciri orang munafik adalah bohong,   mengatakan sesuatu yang tidak benar kepada orang lain.  Contoh bohong dalam kehidupan keseharian adalah, bila ditanyakan orang yang dicari, dikatakan tidak tahu, atau tidak ada, padahal ia tahu atau orangnya ada di rumah. Tidak berangkat sekolah atau kerja dengan alasan sakit, padahal ia sehat. 
Ingkar Janji
Ciri ke dua ' ingkar janji' seorang munafik biasa bila berjnji tidak menepatinya.  misalnya seorang siswa berjanji tidak melanggar aturan sekolah, tapi selalu diulanginya. Seorang yang berjanji akan menyelesaikan urusannya dengan waktu tertentu, tapi dinggkarinya tanpa pemberitahuan.
Berhianat'
BekKhianat adalah ciri ketiga orang munafik, Contoh berkhianat yaitu seperti teman akran yang karena curhak banyak hal-hal yang sipatnya pribadi ia tahu, suatu saat ia ceritakan kepada orang lain. contoh lain, orang yang dipercaya untuk mengelola keuangan, tapi diselewengkan dalam penggunaannya - dikorupsi.

Dari keterangan hadist tersebut, jelas sudah ciri-ciri orang munafik, dan Allah sangat benji dengan ketiga ciri orang munafik tersebut. Karenanya Allah SWT mengancamnya dengan hukuman yang berat, sebagaimana difirmankan dalam Qs. 9.68 
وَعَدَ الله الْمُنَافِقِينَ وَالْمُنَافِقَاتِ وَالْكُفَّارَ نَارَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا هِيَ حَسْبُهُمْ وَلَعَنَهُمُ اللّهُ وَلَهُمْ عَذَابٌ مُّقِيمٌ
Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah mela'nati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal. ( QS. At Taubah 9:68 )
إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَن تَجِدَ لَهُمْ نَصِيراً
Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka.  QS. An Nisaa 4:145.mrjan2012

Tidak ada komentar: