Minggu, 11 Januari 2009

DEMOKRASI ISLAM DAN BARAT

DEMOKRASI
ISLAM DAN BARAT
Muchroji m ahmad
Dalam pengertian yang mudah, demokrasi dapat diartikan sebagai kedaulatan rakyat atau kekuasaan rakyat. Dalam artian bahwa kekuasaan sepenuhnya berada di tangan rakuat, dengan demikian siapapu yang menjadi pemimpin maka ia adalah wakil rakyat yamng mengemban kekuasaan , mewakili kekuasaan rakyat  dalam menjalankan kekuasaannya.

Dalam Islam, dalam mkaitan ini pemimpin lebih akrab disebut sebagai khalifah, artinya  perwakilan.  Sama dengan aetian lugowi demokrasi itu sendiri secara umum, hanya yang membedakannya adalah sumber atau asal dari perwalian itu sendiri. Kalau dalam pengertian keduniawian barat, perwakilan itu  berasal dari takyat, sedang dalam Islam mengandung pengertian dari yang mahan kuasa, Allah SWT.

Demham demikiam, seorang pemimpin dalam  pengertian Islam adalah wakil yang maha kuasa dalam mengemban amanah-Nya, yaitu meribadah dalam menegakkan kebenaraan. Sesungguhnya ia tidak memiliki kekuasaan, yang ada adalah tugas yang harus diemban dan dilaksanakan dari yang kuasa, yang berhak memberi perintah atau larangan. Sedang tugas  itu sendiri yang harus dilaksanakan adalah risalah, yaitu Al-Qur’an dan Hadist.

Dengan pengertian itu maka dapatlah dibedakan apa yang dimaksud dengan demokrasi Islam dan barat. Dalam demokrasi barat, kedaulatan berasal dari  rakyat sedang dalam Islam berasal dari yang maha kuasa  Allah SWT, dan rakyat adalah khalifah sebagai wakil-Nya. Dalam pengertian  barat, rakyat adalah pembuat undang-undang, dalam Islam rakyat sebagai yang harus mentaati aturan risalah, yaitu Al-Qur’an – Hadist. Dengan demikian kalau dalam demokrasi barat pemerintah berusaha memenuhi kehendak rakyat, dalam Islam  pemerintah dan rakyat bersama-sama berusaha memenuhi kehendak yang maha kuasa dengan semua tujuan-tujuan-Nya.

Di dalam demokrasi barat ada semacam  kekuasaan absolute-yang menjalankan kekuasaan, dalam Islam takluk pada hukum yang kuasa dan menjalankan amanah-Nya sesuai ketentuan Al-Qur’an dan  hadist.mr0507km17

Tidak ada komentar: