Selasa, 02 September 2014

Berkurbanlah



Berkurbanlah
Berkurbanlah sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada-KU,  adalah perintah Alloh SWT kepada Nabi Ibrahim dalam mimpinya, untuk menyembelih anak kesayangan satu-satunya yaitu  Ismail. Qs Al-Kausar : 2.

Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah, QS 108:2

lama nabi Ibrahim memikirkan mimpinya tersebut, apakah itu perintah Alloh SWT atau mimpi setan yang mencelakakan. Karena ia harus menyembelih anaknya sendiri dan anak kesayangan yang sudah lama diimpikan kehadirannya. Setelah  ia menimbang-nimbang dan memikirkan mimpinya  akhirnya ia sampaikan juga kepada Ismail, Qs assafat 102 -107.


Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar".

Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya ). [37:103]


Dan Kami panggillah dia: "Hai Ibrahim, [ Qs 37:104]



sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Qs 37:105




Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Qs 37:106




Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar, Qs 37:107

Dan sejak itu dihidupkan kembali qurban, yang sudah diawali pada masa hobil dan kobil putra nabi Adam As. Gambaran keikhlasan dan tidaknya seseorang yang berkurban juga dicontohkan kepada putra nabi Adam AS, yang secara singkat disampaikan bahwa  kurban yang dilandasi keikhlasan yang diterima Alloh SWT, dan habil telah mencontohkannya, sedang kobil tidak diterima, karena kikir dan sayangnya kepada harta, ia berkurban dengan yang paling ringan karena ketidak ikhlasannya, dan sayang akan harta*1.
Rasulullah Saw, memerintahkan kaum muslimin yang kelapangan harta untuk berkurban,  dilaksanakan setelah sholat Idul Adha sampai hari ke tiga, hari tasyrik. Dagingnya dibagikan kepada yang berhak menerimanya, disamping yang berkurbanpun diperbolehkan untuk sekedar memakannya-mencicipinya. Beberapa sabda lainnya berkaitan kurban al:
*      Sabda Rasulullah Saw, tidak ada amal yg lebih utama dari pada hari ini (tasyrik) selain berkurban. Para sahabat berkata ‘ tidak juga jihad? Beliau menjawab ‘ tidak juga jihad’ kecuali orang yang keluar dari rumahnya dengan berkorbankan diri dan hartanya di jalan Alloh SWR lalu  ia tidak kembali lagi Hr Bukhori.
*      Barang siapa yang kelapangan harta namun tidak mau berkurban maka jangan sekali-kali memndekati tempat sholat kami Hr Ibnu Majah
*      Alloh SWT mengutus dua malaikan stiap harinya yang satu berdo’a ‘ ya Alloh SWT berilah ganti bagi orang yang berinfak, sedag malaikat yang kedua  berdo’a “ ya Alloh SWT berilah kehancuran bagi orang yang pelit yang menahan hartanya Hr Bukhori-Muslim.
*      Dari aisyah rasululloh Saw bersabda ‘ tidak ada amal yang dilakukan anak adam pada hari  nahr yang lebih dicintai Alloh SWT selain mengalirkan darah –menyembelih hewan- yang disembelih itu kelak di hari kiamat akan datang (menemui otang yg berkurban)  lengkap dengan tanduk, kuku, dan sepatu kakinya, sesungguhnya darah akan diterima Allah sebelum darah itu jatuh ke tanah. Karena itu lakukanlah kurban itu dengan seikhlas mungkin. Hr Tirmiji
*      Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam bersabda kepada anaknya, Fatimah : “Ya Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan. Dan bacalah : Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah Swt, Rabb alam semesta.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi)
*      Rasulullah bersabda, “Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban.” (HR. Tirmidzi dan hakim)
*      Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam  bersabda, “Sesungguhnya hewan kurban itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk,bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak disuatu tempat disisi Allah sebelum mengalir ditanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan hakim)
Manfaat berkurban
·  Bukti ketaatan kepada Alloh SWT, Allah Subhanahu wata’ala telah berfirman : "Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya." (QS:Al Hajj:37) sesungguhnya sholatku, sembelihanku, hidup dan matiku hanya untuk Alloh SWT, Rabb alam semesta(HR. Abu Daud dan At-Tirmizi) katakanlah jika mkamu benar-benar mencintai Alloh SWT, ikutilah aku, niscaya Alloh mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu, Alloh maha pengampun lagi maha penyayang. (QS. Ali Imran: 31)
·         Bekal di hari perhitungan, Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam dalam sebuah hadits. "Pada tiap-tiap lembar bulunya itu akan memperoleh (pahala) satu kebaikan." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
* Sarana berlatih mengasihi orang lain, Sabda Rasulullah Saw " hari-hari tasyrik adalah
   hari-hari makan, minum dan zikir kepada Alloh SWT. Hr Muslim.
 * memakmurkan masjid dan siar Islam " ...dan telah kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian dari syiar Alloh SWT, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Alloh SWT ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat) kemudian apabila telah roboh (mati) maka makanlah sebagian dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada  padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta " demikianlah dengan berqurban berrati juga termasuk mengagungkan salah satu syiar-syiar Islam.

----------------------mr
*1. Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): "Aku pasti membunuhmu!". Berkata Habil: "Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa". (Al Maaidah: 27)


Tidak ada komentar: