Rabu, 07 September 2016

hikmah

haji

"Dua bulan yang tidak berkurang (pahalanya walaupun harinya kurang dari 30), itulah bulan tempat berkumpul, yaitu Ramadhan dan Dzulhijah." (HR Bukhari dan Muslim).    

 "Umrah ke umrah berikutnya adalah penghapus dosa di antara keduanya dan haji mabrur tidak ada balasannya kecuali surga." (HR Muslim).

  "Puasa hari Arafah, aku berharap kepada Allah agar menghapus dosa sebelumnya dan setahun sesudahnya." (HR Muslim).

  memperbanyak takbir, tahmid, dan tahlil mutlaq.  "Tidak ada suatu hari yang lebih mulia  di sisi Allah dan lebih dicintai-Nya jika beramal di dalamnya dibandingkan 10 hari ini. Maka, perbanyaklah tahlil, takbir, dan tahmid." (HR Ahmad).

  "Jika kalian melihat hilal Dzulhijah dan salah seorang kalian ingin untuk menyembelih kurban, hendaknya ia menahan (dari mencukur) rambut dan kukunya." (HR Muslim dan Tirmidzi).

-------
 sholat lail

“Dan pada sebagian malam, kerjakanlah shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Robb-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (Qs Al-Isra: 79)

 , “Di waktu manakah yang lebih utama kita mengerjakan shalat malam?”  Rasulullah Saw bersabda, “Perut malam yang masih tinggal adalah 1/3 yang akhir. Sayangnya, sedikit sekali yang melaksanakannya,” (HR Ahmad)
-----------
sombong

  "Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri." (QS Lukman [31]:18).


Tidak ada komentar: