Kamis, 16 Oktober 2008

Smart Snacking!

Smart Snacking!
Penulis : Purwanti









Menurut American Dietetic Association, jika dilakukan dengan benar, ternyata ngemil dapat mengoptimalkan kekuatan mental dan energi, mengontrol berat badan, meringankan kerja jantung, serta mencegah timbulnya rasa panas dalam perut Anda. Karena itu Raffles Hospital seperti dikutip majalah Cosmopolitan memberikan beberapa tips ngemil sehat :
  • Simpanlah beberapa macam snack bergizi di kantor, seperti kue kering berserat tinggi dan rendah lemak, non-fat yogurt, jus buah murni, keju rendah lemak, dsb. Sehingga Anda tidak akan memakan camilan berlemak jika memang terpaksa melewatkan makan siang karena kerjaan menumpuk.
  • Ngemil disaat merasa lapar, jangan hanya karena sekedar iseng. Hal ini dapat mencegah terbentuknya ekstra kalori dalam tubuh. Pembentukan ekstra kalori tersebut tidak dapat dikompensasi dengan mengurangi porsi makan siang, ataupun mengulur waktu makan siang.
  • Jaga agar porsi ngemil lebih sedikit dari pada porsi makan siang Anda. Ngemil memang tidak mengenyangkan, melainkan hanya untuk membantu agar Anda tidak kelaparan. Idealnya, camilan hanya berbobot 300-400 kalori.
  • Anda dapat membeli camilan sehat yang kini banyak disajikan dalam bentuk single serve packaging, seperti biskuit gandum (biasanya satu pak berjumlah 3 keping). Ini bisa menjadi alternatif smart snacking, dan Anda pun tak perlu repot.

Tidak ada komentar: