Rabu, 15 Oktober 2008

RI-India Kerjasama Budaya dan Wisata

RI-India Kerjasama Budaya dan Wisata
Pemerintah Indonesia dan India akan menyelenggarakan pertemuan koordinasi "Peningkatan Kerjasama Kebudayaan dan Pariwisata" antara kedua negara pada 16-17 Oktober 2008 di Yogyakarta.

Menurut keterangan resmi dari Departemen Luar Negeri di Jakarta, Rabu, pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari Rencana Aksi bagi Penerapan Strategi Kemitraan Baru antara Indonesia dan India yang ditandatangani kedua negara pada saat Pertemuan Komisi Bersama ketiga RI?India pada 17-18 Juni 2007.

Rencana Aksi tersebut antara lain memuat kesepakatan untuk meningkatkan konsultasi dan koordinasi antara kedua negara guna meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai kebudayaan dan potensi pariwisata India maupun Indonesia.

Pertemuan direncanakan dibuka oleh Acting Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Deplu dan dihadiri oleh Duta Besar India untuk Indonesia Biren Nanda, serta menghadirkan lima orang pembicara dari Deplu, Depbudpar, Kedutaan Besar India dan Jawaharlal Nehru Indian Cultural Center.

Kegiatan tersebut akan dihadiri oleh berbagai kalangan antara lain dari instansi pemerintah, Kedutaan Besar India, pelaku usaha dan pelaku budaya, akademisi dan mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut juga akan diputar film pendek mengenai kesatuan budaya antara Indonesia dan India yang menggambarkan secara sekilas mengenai budaya kedua negara.

Para peserta kegiatan tersebut juga akan berkesempatan untuk menyaksikan penampilan tarian tradisional Yogyakarta di kawasan Candi Prambanan dan mengadakan kunjungan ke beberapa objek pariwisata di Yogyakarta serta berkunjung ke Jogja TV (stasiun tv lokal Yogyakarta) yang programnya menitikberatkan pada kesenian dan kebudayaan, khususnya seni dan budaya Yogyakarta.

Tidak ada komentar: