Rabu, 15 Oktober 2008

MUSEUM SIWALIMA

MUSEUM SIWALIMA
Museum Siwalima merupakan hiasan dalam pesona Maluku. Jika anda mengunjungi lokasi tersebut, akan menemukan peninggalan kehidupan sosial masyarakat setempat dan sekitarnya, baik secara etnografi, sejarah maupun biologi.

Museum bersejarah ini, tepatnya berada di sebuah bukit Taman Makmur, Kecamatan Salahutu, Maluku. Dan didirikan pada 8 November 1973, dijadikan sebagai tempat penyimpanan benda-benda peninggalan di Ambon.

Hal itu terbukti pada Juli 2007, Museum Siwalima mendapatkan tambahan koleksi 100 potong keramik dari BMKT (Benda Berharga Muatan Kapal Tenggelam) berupa pasu, kendi, piring dan mangkuk. Selain itu, terdapat berbagai artefak peninggalan Dinasti Tsung Cina di abad X hingga XII. Adapun koleksi beberapa tengkorak manusia, diyakini memiliki kekuatan magis seperti, tenung.

Tak perlu khawatir jika anda mengunjungi lokasi wisata ini, selain harga tiket masuknya tergolong murah, Rp. 3.500,-, jaraknya pun sekitar 3 km dari terminal Kota Ambon. Berbagai souvenir juga disediakan di area museum. Sejumlah kaos, kartu pos dan replika perahu tradisional ditawarkan bagi anda, selaku pengunjung.

Cukup menarik bukan? segeralah anda berkunjung ke Kota Ambon. Apalagi jika anda ingin tahu lebih jelasnya mengenai Museum Siwalima. Terutama dari segi etnografinya, sejarah ataupun biologi. Sungguh menjadikan pengalaman tersendiri bagi liburan anda ke Pulau Kapitan Pattimura tersebut.

Tidak ada komentar: