Senin, 13 Oktober 2008

Mitos Kafein

Mitos Kafein
Penulis : Purwanti









Kafein tanpa kita sadari sudah menjadi bagian dalam hidup kita. Produk-produk yang mengandung kafein seringkali kita konsumsi seperti kopi, teh, cola, hingga obat-obatan. Ada berbagai macam mitos yang timbul mengenai kafein ini,

4. Kafein berbahaya bagi wanita yang mencoba untuk hamil

Banyak studi yang menghubungkan antara jumlah minimal kafein (secangkir kopi per hari) dengan keguguran, cacat saat lahir, kelahiran prematur, hingga angka kelahiran yang rendah. Dari hasil studi tersebut terdapat suatu kesimpulan, yakni wanita yang mengonsumsi kafein terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko keguguran.

5. Kafein dapat membuat dehidrasi

kafein dapat membuat Anda selalu ingin buang air kecil. Bagaimanapun juga, cairan yang Anda konsumsi pada minuman yang mengandung kafein dapat mengakibatkan Anda kehilangan cairan ketika Anda buang air kecil. Yang harus digaris bawahi adalah meskipun kafein menimbulkan masalah diuretik ringan, studi menunjukkan bahwa meminum minuman yang mengandung kafein tidak menimbulkan dehidrasi.

6. Kafein memabukkan

Kafein dapat menjadi memabukkan, apabila pengonsumsiannya digunakan bersama dengan minuman beralkohol. Tapi reaksi sebenarnya adalah kafein tidak memabukkan.

7. Kafein tidak memiliki manfaat bagi kesehatan

Kafein terbukti memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Seorang peminum kopi yang mengandung kafein akan meningkat tingkat kewasapadaan, konsentrasi, energi, dan merasa mudah bergaul. Selain itu, keuntungan lainnya yakni dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dari kandungan anti infklamasi kafein, serta membantu orang dnegan rekasi alergi karena kemampuan kafein untuk mengurangi konsntrasi histamine. Dalam beberapa penelitian terungkap fakta, kafein dapat mnegurangi risiko :

  • Parkinson
  • Panyakit Lier (hati)
  • Kanker usus
  • Diabetes tipe 2

Tidak ada komentar: