Senin, 13 Oktober 2008

Matahari Pagi Untuk Tulang Kuat

Matahari Pagi Untuk Tulang Kuat
Penulis : Purwanti









Sebagian besar orang tua menginginkan anak-anak mereka menjalankan dan mempunyai pola hidup serta pola makan teratur dengan gizi seimbang. Hal itu semata-mata bertujuan untuk menunjang kesehatan fisik dan mental anak dimasa yang akan datang, termasuk memiliki tulang yang kuat.

Agar anak dapat berkembang secara optimal, pastikan anak Anda memulai hari dengan saarapan bergizi lengkap dan seimbang. Selain itu, biasakan anak-anak Anda untuk terkena paparan sinar matahari pagi (sekitar jam 07.00 - 09.00 pagi) paling tidak selama 10-15 menit setiap harinya agar kebutuhan vitamin D-nya tercukupi.

Sinar matahari pagi dipercaya mengandung vitamin D untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Namun, untuk "berjemur" di pagi hari tersebut usahakan tidak lebih dari jam 09.00. Sebab, paparan radiasi dan sinar ultraviolet A dan B sangat berbahaya, selain menyebabkan keriput juga dapat menyebabkan kanker kulit.

Tidak lupa untuk mengajak anak Anda beraktivitas layaknya olahraga paling tidak tiga kali seminggu selama 15 menit.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, orang tua berusaha untuk memenuhi asupan kalsium dari susu dan berbagai macam makanan yang mengandung kalsium. Namun, asupan nutrisi saja tidak cukup. Orang tua harus memberikan contoh yang baik mengenai pola hidup sehat, karena kebiasaan hidup anak tergantung bagaimana pola hidup orang tuanya.

Tidak ada komentar: