Senin, 13 Oktober 2008

KE HONG KONG

KE HONG KONG

Menikmati transportasi umum di Hong Kong, sesungguhnya sudah menjadi petualangan anda tersendiri. Oleh karenanya perhatikanlah tips-tips berikut ini:

1. Untuk melihat kota, teng-teng(tram) bisa menjadi pilihan yang baik dan murah. Jauh dekat HK$2 (untuk dewasa) pada rute sejauh 13 km dari utara Hong Kong Island menuju kawasan Happy Valley. Kalau perlu angkutan cepat, gunakan MTR.

Mesin penjualan tiketnya sangat user friendly. Pertimbangkan memanfaatkan star ferryuntuk menyeberang dari Kowloon menuju Hong Kong Island. Tersedia kapal cepat hingga kapal layar tradisional khas China, yaitu China Junk.Rata-rata taksi menggunakan argo, tapi tak semua sopirnya mengerti bahasa Inggris.

2. Kalau berminat tinggal lebih dari satu minggu, pertimbangkan untuk membeli octopus card yang tersedia di beberapa stasiun MTR.

Kartu elektronik itu berfungsi sebagai alat pembayar tiket MTR, ongkos naik bus, hingga belanja di 7eleven ataupun beberapa kafe. Deposit sebesar HK$50 dapat diisi sesuai kebutuhan. Jika meninggalkan Hong Kong, deposit itu dikembalikan. Pemilik octopus card juga berhak atas beberapa diskon yang ditawarkan di wahana menarik bagi turis.

3. Jika tak menggunakan octopus, sediakan uang receh untuk naik bus. Bayarlah sesuai harga yang tertera pada layar karena sopir bus tak akan menyediakan uang kembalian.

4. Pemeo barang murah di Hong Kong sesungguhnya tak selalu benar. Harga busana relatif murah dan didiskon besar pada saat memasuki pergantian musim. Tapi untuk barang elektronik, harga pasaran di Glodok masih jauh lebih menarik. Namun, kamera DLSR keluaran Canon ataupun Nikon di beberapa tempat semisal di kawasan Cause Way Bay relatif murah hingga dua atau tiga ratus ribu. Hal ini juga berlaku untuk jam tangan.

5. Pilihan makanan begitu beragam di Hong Kong. Bagi muslim, makanan cepat saji ala Mc Donald relatif aman. Tapi banyak juga kedai makanan lokal yang memampang label halal, terutama di kawasan Cause Way Bay dan Wan Chai. Kalau Anda penyuka pedas, bekali diri dengan sambal. Kebanyakan kedai tak menyediakan sambal. Jikalau ada, hanyalah sejumput cabai kering yang tak terasa pedasnya.

6. Hong Kong ialah negara yang nyaman bagi orang asing. Jangan takut kesasar saat mengeksplorasi kawasan. Manfaatkan pamflet guide gratis yang banyak tersedia di bandara, pelabuhan, ataupun stasiun MTR

Tidak ada komentar: